nusakini.com - Internasional - Obat-obatan kemanusiaan telah mencemari sungai di seluruh dunia dan menimbulkan "ancaman global terhadap lingkungan dan kesehatan manusia", menurut penelitian paling komprehensif hingga saat ini.

Obat-obatan dan senyawa aktif biologis lainnya yang digunakan oleh manusia diketahui membahayakan satwa liar dan antibiotik di lingkungan meningkatkan risiko resistensi terhadap obat, salah satu ancaman terbesar bagi umat manusia.

Para ilmuwan mengukur konsentrasi 61 bahan farmasi aktif (API) di lebih dari 1.000 lokasi di sepanjang 258 sungai dan di 104 negara, yang mencakup semua benua. Hanya dua tempat yang tidak tercemar – Islandia dan desa Venezuela di mana penduduk asli tidak menggunakan obat-obatan modern.

API yang paling sering terdeteksi adalah obat anti-epilepsi, carbamazepine, yang sulit dipecah, obat diabetes metformin, dan kafein. Ketiganya ditemukan di setidaknya setengah dari situs. Antibiotik ditemukan pada tingkat berbahaya di satu dari lima lokasi dan banyak lokasi juga memiliki setidaknya satu API pada tingkat yang dianggap berbahaya bagi satwa liar, dengan efek seperti feminisasi ikan.

BAO berakhir di sungai setelah diambil oleh manusia dan ternak dan kemudian dibuang ke sistem saluran pembuangan atau langsung ke lingkungan, meskipun beberapa mungkin juga bocor dari pabrik farmasi.

Hotspot dengan tingkat API yang sangat tinggi termasuk Lahore di Pakistan, La Paz di Bolivia, dan Addis Ababa di Ethiopia. Madrid di Spanyol berada di 10% teratas tempat dengan konsentrasi kumulatif tertinggi, dan Glasgow, Inggris, dan Dallas, AS, berada di 20% teratas.

“Organisasi Kesehatan Dunia dan PBB dan organisasi lain mengatakan resistensi antimikroba adalah satu-satunya ancaman terbesar bagi umat manusia – ini adalah pandemi berikutnya,” kata John Wilkinson, di University of York, di Inggris, dan yang memimpin penelitian, yang melibatkan 127 orang. peneliti dari 86 institusi. “Di 19% dari semua situs yang kami pantau, konsentrasi [antibiotik] melebihi tingkat yang kami harapkan untuk mendorong bakteri mengembangkan resistensi.”

Penelitian yang dipublikasikan pada Januari memperkirakan 5 juta orang meninggal pada 2019 akibat infeksi bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Daerah yang menderita dampak tertinggi dari resistensi antibiotik dalam penelitian itu sangat mirip dengan yang ada dalam penelitian ini dengan polusi obat terburuk, menunjukkan bahwa kontaminasi sungai mungkin berperan dalam meningkatkan resistensi. Satu situs di Bangladesh memiliki tingkat antibiotik metronidazol lebih dari 300 kali lebih tinggi dari target yang aman, mungkin karena kebocoran dari manufaktur farmasi.

Polusi obat-obatan sudah diketahui membahayakan satwa liar, mulai dari antidepresan yang menyebabkan jalak makan lebih sedikit dan obat-obatan kontrasepsi yang mengurangi populasi ikan. “Jika saya adalah ikan yang hidup di beberapa sungai ini, saya akan khawatir sekarang,” kata Wilkinson. Namun, tingkat di sebagian besar sungai tidak akan memberikan dosis tinggi kepada orang yang berenang, katanya.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, sejauh ini merupakan yang terbesar dan mewakili dampak pencemaran sungai terhadap 470 juta orang. Para peneliti menyimpulkan: “Polusi farmasi merupakan ancaman global bagi lingkungan dan kesehatan manusia.”

Sebelumnya, hampir semua pengukuran telah dilakukan di Eropa barat dan Amerika Utara tetapi penelitian terbaru menunjukkan polusi API seringkali jauh lebih tinggi di tempat lain. Pekerjaan tersebut mencakup 36 negara di mana API diukur untuk pertama kalinya, khususnya di Afrika dan Amerika Selatan.

Di antara obat yang terdeteksi di semua benua kecuali Antartika adalah antidepresan citalopram dan venlafaxine, antihistamin cetirizine dan fexofenadine, antibiotik trimetoprim dan lidokain, obat bius. Sungai Kai Tak di Hong Kong memiliki 34 API berbeda di satu situs, jumlah tertinggi yang tercatat.

“Risiko ekologis bisa lebih besar dari yang diperkirakan untuk API tunggal karena interaksi toksikologi dari campuran ini,” kata para peneliti. Ada lebih dari 2.500 obat-obatan yang digunakan, tetapi teknologi saat ini memungkinkan analisis hanya 50-100 dari satu sampel, sehingga peneliti fokus pada yang paling umum digunakan.

Konsentrasi obat tertinggi ditemukan di negara berpenghasilan rendah hingga menengah, termasuk India dan Nigeria. Para peneliti berpikir ini mungkin karena orang-orang di negara-negara ini memiliki pendapatan yang cukup untuk membeli obat-obatan, tetapi tinggal di tempat-tempat tanpa sistem saluran pembuangan yang baik, yang dapat menghilangkan obat-obatan tetapi mahal.

Studi ini tidak termasuk pengukuran obat-obatan terlarang seperti kokain dan MDMA, yang telah terdeteksi di sungai pada tingkat yang berbahaya bagi satwa liar, meskipun analisis sampel di masa depan dapat melakukan hal ini.

Para ilmuwan berharap penelitian ini akan membantu memfokuskan upaya pembersihan pada obat-obatan dan daerah dengan risiko terbesar. “Kami tahu konektivitas limbah yang baik dan pengolahan air limbah adalah kunci untuk meminimalkan, meskipun tidak harus menghilangkan, konsentrasi farmasi,” kata Wilkinson. “Namun, itu sangat mahal karena ada banyak infrastruktur yang terlibat.”

Menggunakan obat-obatan lebih hati-hati adalah cara lain untuk mengurangi polusi, katanya, terutama antibiotik, yang murah tersedia di banyak negara tanpa resep, dan banyak diambil tidak perlu, misalnya untuk mengobati pilek.

“Obat-obatan hampir ada di mana-mana di sungai di seluruh dunia,” kata Prof Joakim Larsson, dari Universitas Gothenburg, Swedia, yang bukan bagian dari tim studi.

“Studi ini menunjukkan bahwa sejumlah besar obat-obatan melebihi 'tingkat aman', dan seringkali di sejumlah besar lokasi. Bakteri tidak menghormati batas negara, jadi jika bakteri resisten baru berkembang di satu sisi planet kita, itu segera menjadi risiko bagi semua orang.”

Para peneliti ingin memperluas jumlah negara yang dicakup, karena pandemi Covid-19 menghentikan survei mereka. Mereka juga meningkatkan jumlah obat yang diukur dan berharap untuk menilai tingkat di sungai sepanjang tahun untuk memeriksa tren musiman. (theguardian/dd)