nusakini.com - Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic dan Serena Williams dinobatkan sebagai atlet terbaik tahun ini dalam Laurens World Sports Award di Berlin, Jerman, Selasa (18/4/2016) dinihari WIB.

Seperti dilansir BBC, Djokovic berhasil mengalahkan pesepak bola Barcelona Lionel Messi, sprinter Usain Bolt, dan juara dunia Formula 1 2015 Lewis Hamilton untuk memenangi penghargaan tersebut. Adapun Serena berhasil menyisihkan pesepak bola wanita asal Amerika Serikat Carli Lloyd dan sprinter asal Jamaika, Shelly-Ann Fraser Pryce.

Kedua petenis tersebut terpilih memenangi gelar bergengsi tersebut karena mendominasi ajang olahraga sepanjang tahun lalu. Keduanya masing-masing memenangi tiga dari empat turnamen grand slam yang digelar pada 2015. Djokovic hanya gagal di Prancis Terbuka, namun berhasil lolos hingga final. Sedangkan Serena terjegal di babak semifinal Amerika Serikat Terbuka.

Ini bukan gelar yang pertama bagi Serena Williams dan Djokovic. Keduanya sudah tiga kali memenangi penghargaan ini. Serena juga memenanginya pada 2003 dan 2010. Sedangkan Djokovic pada 2012 dan 2015.

Sementara itu pemegang tiga gelar juara dunia F1 yang kini jadi chairman Mercedes, Niki Lauda, memenangi lifetime achievement award.

Legenda sepak bola, Johan Cruyff, yang meninggal akibat kanker pada bulan lalu, Johan Cruyff, dianugerahi penghargaan sebagai Spirit Olahraga. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh puteranya, Jordi Cruyff.(ab)