Norwegia Tidak Memboikot Qatar 2022

By Nad

nusakini.com - Internasional - Federasi Sepak Bola Norwegia tidak jadi memboikot Piala Dunia yang akan diadakan di Qatara tahun 2022 nanti.  Rakyat Norwegia telah menyuarakan protes mereka terhadap pelaksanaan Piala Dunia di Qatar atas dasar permasalahan HAM.

Isu-isu mengenai pelanggaran HAM terhadap pekerja imigran di Qatar menjadi pembahasan oleh beberapa aktivis. Mereka menyatakan bahwa berpartisipasi dalam ajang olahraga tersebut sama saja dengan tidak memperdulikan HAM para pekerja imigran.

Mendengar protes dari warganya, Federasi Sepak Bola Norwegia (NFF) mengadakan kongres pada hari Minggu (20/6) untuk mengadakan pemungutan suara mengenai pemboikotan Qatar 2022. Hasil yang didapatkan adalah 368 delegasi menolak rencana boikot dan 121 mendukung boikot.

Norwegia belum pernah memenuhi kualifikasi ajang dunia sejak Piala Euro 2000, dan sekarang mereka menempati peringkat ke-4 dalam grup kualifikasi Piala Dunia. Walaupun kualifikasi tampaknya sulit, hasil pemungutan suara mungkin memiliki pengaruh dalam performa pemain dalam pertandingan kualifikasi.

Beberapa pemain Norwegia menggunakan kaos yang bertuliskan 'Human Rights On and Off The Pitch' yang berarti mereka mengutamakan HAM baik di atas maupun di luar lapangan. Para pemain ini mengenakan kaos terkait saat latihan di bulan Maret.

Perlakuan Qatar terhadap pekerja imigrannya sudah menuai banyak kritik dan protes. Namun negara tersebut sedang berusaha meningkatkan kualitas perilaku terhadap pekerja dengan cara menetapkan hukum upah minimum yang baru.

Selain itu, beberapa pemain juga mengatakan bahwa kondisi Qatar tidak layak untuk dijadikan tuan rumah Piala Dunia. Temperaturnya yang tinggi disebut bisa membuat para pemain mengalami dehidrasi.

FIFA bersitegas bahwa menetapkan Qatar sebagai tuan rumah adalah perubahan yang memberikan kemajuan sosial. (dd)