Normalisasi Saluran di Jalan Iskandar Muda Ditarget Rampung Akhir Bulan Ini

By Admin


nusakini.com, Normalisasi saluran air di Jalan Iskandar Muda, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ditargetkan rampung akhir bukan ini. 

Pengawas Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Kebayoran Lama, Hendy Rinaldy mengatakan, normalisasi saluran air ini merupakan tindak lanjut dari usulan warga untuk mencegah terjadinya genangan.

"Setelah menerima usulan kami lanjutkan dengan peninjauan ke lokasi. Kemudian, dilanjutkan dengan tahapan pengerjaan normalisasi," ujarnya, Selasa (24/9). 

Hendy menjelaskan, normalisasi saluran air sepanjang 113 meter dilakukan dengan cara mengeruk sedimen lumpur dan sampah, serta mengganti turap saluran dengan box culvert berukuran 80x80 sentimeter. 

Menurutnya, pengerjaan normalisasi saluran yang melibatkan delapan personel tersebut sudah dilakukan sejak bulan Agustus 2024 dan ditargetkan rampung pada akhir bulan ini agar siap mengantisipasi genangan saat musim hujan.

"Untuk mempercepat proses pengerjaan, kita juga kerahkan dua ekskavator untuk penurunan box culvert," terangnya.

Sementara itu, warga setempat, Toro (49) mengapresiasi dilakukannya normalisasi saluran air. Selain nantinya dapat membuat aliran air kembali normal, saluran air ini juga diharapkan dapat membuat kawasan ini bebas dari genangan. 

"Saya ucapkan terima kasih, semoga pekerjaan lancar sampai selesai nanti dan saluran efektif mencegah genangan di sini," tandasnya. (*)