Normalisasi Ciliwung di Bukit Duri Dikebut

By Admin


nusakini.com - Normalisasi Sungai Ciliwung di wilayah Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, terus dikebut. Saat ini pihak kontraktor tengah menyelesaikan pembuatan dinding parapet dan pemasangan sheetpile.

Kepala Satuan Kerja (Satker PJSA) Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Fikri Abdurahman mengatakan, saat ini pembuatan dinding parapet dan sheetpile diperikarakan sudah mencapai 70 persen dari total panjang sekitar dua kilometer.

"Tahapan normalisasi Ciliwung di Bukit Duri akan kita kebut, karena kemarin sempat mengalami keterlambatan. Saat ini sedang menyelesaikan pembangunan dinding parapet dan sheetpile. Progresnya sudah mencapai sekitar 70 persen," jelasnya

Target proyek normalisasi di Bukit Duri ini ditargetkan rampung pada Mei mendatang. Penyelesaian pekerjaan ini mencakup pembangunan dinding parapet, sheetpile, jalan inspeksi maupun saluran air. Bahkan di sepanjang perbatasan rumah warga dan jalan inspeksi, akan dibuatkan dinding pembatas guna mencegah longsor.

Sementara, untuk saluran air saat ini juga mulai dibangun memanjang sejajar dengan jalan inspeksi. Saluran air dibuat menggunakan beton u-dith berukuran sekitar 60x80 sentimeter. Namun pembangunannya masih belum merata, masih difokuskan di daerah yang lebih rendah. Pekerjaan normalisasi ini dilakukan setiap hari dari pukul 07.00 hingga 18.00.(pr/kj/al)