New Normal, Konsumsi Avtur di Sumatera Bagian Utara Bergerak Naik

By Abdi Satria


nusakini.com-Medan-Memasuki era kenormalan baru, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Avtur mulai bergerak naik, khususnya di wilayah Sumatra bagian barat dan utara. Hal ini dipicu oleh penerbangan penumpang domestik yang mulai beroperasi di sejumlah Bandar Udara. 

Berdasarkan data, sejak 26 Juni, konsumsi Avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu, Medan mengalami peningkatan sebanyak 125 persen dibanding penyaluran Mei 2020. Pergerakan konsumsi Avtur juga terjadi di DPPU Pinangsori, Tapanuli Tengah sebanyak 15 persen dan DPPU Binaka, Gunungsitoli 5 persen. Kenaikan sebesar 10 persen juga terjadi di DPPU Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Sementara di Propinsi Batam, DPPU Hang Nadim tercatat meningkat sebanyak 95 persen dan DPPU Ranai ada peningkatan sebesar 40% dari periode sebelumnya, serta DPPU Sultan Iskandar Muda, Aceh naik 70 persen dibanding penyaluran bulan lalu. Kenaikan konsumsi tertinggi terjadi di DPPU Minangkabau yang mencapai 400 persen dibanding penyaluran bulan lalu. 

Meski memasuki era normal kebaruan, DPPU tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 dalam beroperasi melayani penerbangan. Protokol ini diantaranya adalah dengan menerapkan jaga jarak, selalu menggunakan masker, menggunakan sarung tangan ketika bekerja, serta melakukan cuci tangan sebelum dan selesai beraktivitas. 

“Pekerja DPPU juga secara berkala melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum bekerja. Pekerja di DPPU Kualanamu, Pinangsori, Binaka, Sultan Syarif Kasim II, Hang Nadim, Ranai, Sultan Iskandar Muda, dan Minangkabau telah melaksanakan rapid test. Hasilnya semua non reaktif, tidak ditemukan pekerja dengan gejala COVID-19," ujar Roby Hervindo, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I. 

Selain konsumsi Avtur yang meningkat, Roby menuturkan, Pertamina MOR I juga mencatat peningkatan konsumsi Pertamax Turbo di wilayah tersebut. Di Sumatra Barat misalnya, rata-rata konsumsi Pertamax Turbo per hari melonjakan sebesar 21 persen jika dibandingkan periode sebelumnya. Hingga kini, outlet Pertamax Turbo tersebar di 17 SPBU dan hadir di 10 kabupaten kota yaitu Kota Padang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Agam, Kota Payakumbuh, Kota Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, serta Kota Bukittinggi.  

Masih lanjut Roby, atas dedikasi terhadap terhadap pelanggan setia Pertamina di Sumbar. Pertamina telah memberikan apresiasi kepada sejumlah SPBU di Sumbar. 

Selain itu, Pertamina MOR 1 juga memberikan apresiasi kepada Agen LPG Bright Gas karena telah mampu mencapai penjualan tertinggi dan pertumbuhan terbaik untuk periode Mei 2020.  

“Kami berharap, dengan pemberian apresiasi kepada Hiswana Migas di wilayah MOR 1 dapat memacu mereka untuk terus memberikan pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk-produk Pertamina yang berkualitas,“ tutup Roby.(p/ab)