MWC NU Gelar Halaqah Ramadan Bareng PMI: Setetes Darah Bukti Cinta kepada Sesama

By Admin


MAKASSAR -- Tidak terasa sudah memasuki hari 20 Ramadan 1445 Hijriah, Halaqah Ramadan yang bertajuk Mahabbah Ramadan terus digaungkan oleh 15 MWC NU se kota Makassar

Kali ini yang mendapat giliran untuk menggelar Halaqah Ramadan dari MWC NU Manggala yang dilaksanakan di Masjid Babussalam jalan Poros Bitowa Manggala, Minggu (31/3/2024). 

Ada hal yang berbeda pada kegiatan Halaqah Ramadan ini di mana MWC NU Manggala Kolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI)

Ketua MWC NU Manggala, DR. H. Muh Ikhsan Darwis M.Si pada saat ditemui oleh awak media mengungkapkan bahwa Halaqah Ramadan yang bertajuk Mahabbah Ramadan sejalan dengan Lembaga Sosial Kemanusiaan seperti PMI. 

"Pahlawan datang dalam berbagai jenis dan ukuran, dan pahlawan kemanusiaan salah satunya Pendonor Darah, kalian adalah pahlawan yang penuh Mahabbah yang menerima Anugerah Hidup darimu," ungkapnya. 

"Perasaan cinta merupakan fitrah dari seorang manusia sebagai makhluk yang berakal dan berperasaan. Namun, dalam Islam, cinta kepada Allah merupakan tujuan tertinggi dalam hidup manusia," lanjutnya menguraikan makna Mahabbah Ramadan. 

"Mahabbah menjadi konsep utama yang menunjukkan cinta mendalam dan pengabdian yang total kepada-Nya, yang jika dicapai, akan mendapatkan keberkatan dari Allah SWT", ujarnya. 

Dalam narasi ini, Ikhsan pun menerangkan secara terminologi Kata mahabbah berasal dari kata ahabba-yuhibbu-mahabbatan, yang secara harfiah artinya mencintai secara mendalam atau kecintaan mendalam. "Secara etimologi, mahabbah adalah bentuk masdar dari kata hubb yang artinya membiasakan dan tetap atau menyukai karena punya rasa cinta, " jelasnya. 

Kegiatan ini berlangsung dengan penuh ceria, pasalnya sebelum acara inti dimulai MWC NU berbagi Takjil Gratis dan berbuka puasa bersama. (tbr)