Muslimin Bando Teken MoU dengan STAI Al-Azhar Gowa

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--ENREKANG--Pemerintah Kabupaten Enrekang meneken nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Gowa. 

Penandatanganan MoU berlangsung di Mitra Farm, Kawasan Industri Maiwa (KIWA), Minggu, 22 Januari 2023.

Hadir masing-masing Bupati Enrekang Muslimin Bando dan Ketua STAI Al Azhar Gowa Dr. Ammar Munir, Lc., M.Th.I. 

"Nota Kesepahaman ini mencakup kerjasama tri dharma perguruan tinggi yakni bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat," papar Dr. Ammar.

STAI Al-Azhar Gowa berharap pihaknya dan Pemkab Enrekang dapat berkolaborasi bersama, dan mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi. 

Apalagi, kata Dr. Ammar, ia telah lama mendengar perhatian dan antusiasme Bupati MB di sektor pendidikan. Khususnya bagaimana meningkatkan kualitas SDM masyarakat dan ASN lewat pendidikan.

Kedepan, STAI Al-Azhar Gowa berencana membuka perkuliahan kelas karyawan/pekerja untuk ASN dan masyarakat Kabupaten Enrekang.

STAI Al-Azhar juga akan lebih banyak menjadikan Kabupaten Enrekang sebagai tempat KKN, serta lokasi penelitian mahasiswa dan dosen.

MB pun menyambut baik MoU ini. Bupati dua periode ini kembali menegaskan pentingnya pendidikan, sebagai investasi dalam menyejahterakan masyarakat di masa depan.

"Karena itu, ajakan kolaborasi di bidang pendidikan selalu kita sambut dan Kabupaten Enrekang selalu terbuka untuk kerjasama apapun sepanjang bermanfaat bagi masyarakat," kata Ketua Golkar Enrekang ini.

STAI Al Azhar Gowa adalah kampus kesekian yang meneken MoU dengan Pemkab Enrekang. Di masa kepemimpinan MB, Kabupaten Enrekang telah bekerjasama dengan pelbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Mulai dari UNHAS, UNM, ITB Nobel, UNIFA, UNIMEN, Poltekpar, dan lainnya. 

Kampus luar negeri seperti Van Hall Larenstein (VHL) dan Wageningen University and Research (WUR) juga memilih Enrekang untuk penelitian dan pengabdian. (rilis/rajendra)