Muhammad Daffa Intanio Mahmud Lolos President University dengan Beasiswa Pendidikan

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Bone--Muhammad Daffa Intanio Mahmud, baru-baru ini memberi kabar gembira untuk SMA Islam Athirah Bone. Pasalnya, mantan Ketua Osis Periode 2021/2022 ini dinyatakan lolos di salah satu perguruan tinggi swasta terbaik Indonesia, President University. 

President University adalah kampus swasta yang berlokasi di kawasan industri Jababeka, Cikarang, sebuah kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Di tempat ini, sekitar 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara berkantor dan sekaligus menjadi organic laboratorium bagi mahasiswa dan dosennya, sehingga diharapkan mampu mendorong mereka melakukan riset dan menjadi tempat magang. Universitas swasta yang berdiri sejak tahun 2001 tersebut juga memiliki reputasi yang baik di kancah nasional. Selain karena gelar akreditasi A yang disandang, kampus ini mengusung konsep international university dimana penyelenggaraan perkuliahan menggunakan bahasa Inggris. Kampus ini pun menerima mahasiwa asing yang datang dari berbagai negara dengan 10% tenaga pengajar berasal dari luar negeri. 

Awalnya, Daffa mendaftar di kampus ini karena termotivasi dari salah satu karibnya di Jawa yang lebih dulu dinyatakan lolos. Setelah mencari informasi, akhirnya ia pun memberanikan diri untuk mengikuti seleksi dengan mengirimkan nilai rapor semester 1 hingga 4 selama bersekolah di SMA. Tak lama berselang, laki-laki kelahiran 22 April 2006 ini mendapat pemberitahuan kelulusan via email. “Alhamdulillah lolos, tidak menyangka juga bisa dapat kesempatan emas ini. Terlebih, saya juga dinyatakan menerima beasiswa pendidikan selama tiga tahun.”, ungkap siswa yang tercatat sebagai siswa kelas XII IPS Al Hadi ini.

Daffa mengaku mulai merencanakan dan mempersiapkan hal-hal yang akan dilakukan jika nantinya ia sudah resmi menjadi mahasiswa President University. “Karena saya berstatus sebagai penerima beasiswa, jadi saya harus mampu mempertahankan prestasi akademik. Insya Allah nanti saya akan banyak fokus belajar, membangun relasi yang luas, dan sebelumnya, saya juga harus mempersiapkan bekal bahasa Inggris karena bahasa pengantar perkuliahannya berbahasa Inggris.” Terkait alasannya memilih jurusan International Relation (IRE), anak bungsu dari pasangan Erniati Mahmud dan (Alm) Suardi Padma tersebut mengaku tertarik dengan bidang tersebut sejak ia aktif dalam berorganisasi. “Karena di OSIS dulu saya banyak belajar tentang diplomasi, relasi, negosiasi, dan lainnya, akhirnya saya memilih akan melanjutkan studi di bidang yang berkaitan dengan hal tersebut. Saya rasa, IRE menjadi pilihan tepat”, ungkap siswa yang juga aktif ikut dalam berbagai kompetisi Debat Bahasa Indonesia ini.

Walau nantinya harus merantau jauh, Ketua Forum OSIS Nasional se-Sulawesi ini mengaku siap dengan kondisi tersebut. “Insya Allah sudah terbiasa. Apalagi nanti di tahun pertama di President University, mahasiwa diminta untuk tinggal di President University Students Housing (PUSH) selama setahun. Kehidupan asrama sudah saya rasakan di Athirah Bone selama enam tahun, meski nantinya akan betul-betul jauh dari orangtua, karena semua keluarga tinggal di Bone, tapi demi pendidikan terbaik, ya harus bisa.”

Di akhir wawancara, siswa yang hobi bermain futsal ini memohon supaya didoakan lulus beasiswa prestasi. “Saya kembali minta doanya supaya beasiswa prestasi bisa saya dapatkan. Saat ini, saya tengah mengurus berkasnya, semoga kembali diberi rezeki.” (rilis/rajendra)