Momen Lebaran, Kereta Bandara Makin Dilirik

By Admin


nusakini.com - Tangerang – Bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Fitri 2018, lonjakan penumpang terjadi di Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Pemudik yang memilih sarana transportasi udara memanfaatkan fasilitas kereta bandara sebagai alternatif transportasi menuju bandara.

Tercatat mendekati momen lebaran terjadi lonjakan jumlah penumpang mencapai 5.000 orang di Stasiun Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin mengapresiasi kehadiran layanan kereta bandara sebagai salah satu transportasi umum yang mempermudah perjalanan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Hal ini turut diamini oleh President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, yang mengatakan bahwa kereta bandara kini semakin dilirik para pemudik sebagai sarana transportasi penghubung menuju bandara. Disamping memiliki fasilitas yang mampu memanjakan penumpang, ketepatan waktu juga menjadi alasan penting bagi para penumpang dalam memilih kereta bandara. “Sejak dioperasikan pada awal tahun 2018, Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta selalu berupaya untuk mempermudah pengguna jasa bandara dan penerbangan untuk menuju bandara. Menyambut momen lebaran 2018, para pemudik tidak perlu khawatir untuk tiba di bandara tepat waktu karena jadwal operasional kereta bandara makin variatif dan tentunya tepat waktu untuk memberikan Minimum Connecting Time (MCT) yg paling effisien dengan adanya integrasi antara Kereta Bandara dengan Kereta Layang (Skytrain) untuk berpindah dari stasiun kereta bandara menuju terminal keberangkatan tujuan" , ungkap Awaluddin.

Selain itu, upaya peningkatan pelayanan juga dilakukan oleh PT Railink pada bulan Ramadhan 2018, antara lain menyediakan takjil gratis pada jam-jam keberangkatan terntentu sejak tanggal 17 Mei hingga 14 Juni 2018. Direktur Operasinal & Teknik PT Railink, Porwanto Handry Nugroho mengatakan, “Kami selaku operator Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta terus berupaya memberkan dan meningkatkan pelayanan terbaik bagi penumpang kereta bandara dan juga untuk mendukung lancarnya angkutan lebaran 2018”.

Dari sisi layanan penjualan tiket, para penikmat jasa kereta bandara akan semakin dipermudah dengan hadirnya kartu personal frequent rider (Perfeq Rider). Melalui kartu Perfeq Rider, para pengguna jasa dapat melakukan proses pembelian dengan mudah dengan metode cashless pada vending machine yang tersedia di masing-masing stasiun. Selain itu, operator kereta bandara juga menyediakan diskon harga tiket menjadi Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Meski belum genap satu tahun beroperasi, kereta bandara telah menambah jam keberangkatannya menjadi 50 keberangkatan. Setelah kelengkapan infrastruktur terpenuhi, jumlah keberangkatan kereta akan kembali bertambah menjadi 82 keberangkatan sehingga jadwal keberangkatan pulang kereta menjadi tiap 48 menit. Sebagai informasi untuk keberangkatan pertama melalui Stasiun Sudirman Baru pukul 04.21 WIB, sedangkan pemberangkatan pertama melalui Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 06.10 dan pemberangkatan terakhir pukul 23.10 WIB.

Terkait faslitias-fasilitas yang ditawarkan kereta bandara, para penumpang tak perlu ragu untuk memanfaatkan seluruh fasilitas yang telah disediakan. Pada masing-masing kursi penumpang terdapat USB port charger. Untuk meletakkan barang bawaan serta bagasi, kereta bandara telah dilengkapi dengan kabin bagasi serta baggage storage berkapasitas 50 liter pada masing-masing gerbong kereta. Layanan berbasil digital juga dapat dinikmati oleh penumpang kereta bandara. Reservasi tiket dapat dilakukan melalui online reservation serta para penumpang bisa memperoleh beragam informasi terkait layanan kereta bandara dengan cara mengunduh aplikasi mobile.

Saat ini, kereta bandara tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya, namun kereta bandara juga hadir di beberapa kota seperti Kualanamu, Padang, dan Palembang. Ornamen-ornamen cantik menyambut Ramadhan dan Idul Fitri semakin memperindah penampilan stasiun kereta bandara. Terlebih pada Stasiun Kereta Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, nuansa Asian Games 2018 terlihat di setiap sudut stasiun. Dengan hadirnya kereta bandara ini diharapkan mampu menjawab permintaan masyarakat yang membutuhkan pilihan moda transportasi yang mempermudah masyarakat menuju bandara. (p/ma)