Momen Hari Sumpah Pemuda, PSBB Sangdara Gelar Deklarasi dan Pelantikan Pengurus

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Bone--Komunitas Pemerhati Seni dan Budaya Bone (PSBB) Sangdara mengelar deklarasi dan pelantikan pengurus baru periode 2020-2021, Rabu (28/10/2020) di aula Kantor Camat Kajuara Kabupaten Bone. 

Acara yang digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 ini, dihadiri H. Andi Akmal Pasluddin anggota DPR RI yang juga Ketua Dewan Pembina PSBB Sangdara, Bupati Bone, H. Andi Fahsar M. Padjalangi  yang diwakili Camat Kajuara Andi Muhammad Guntur, Kepala BPNB Sulawesi Selatan Andi Syamsul Rijal.

Sejumlah budayawan pun hadir di antaranya Muhannis budayawan Sul-Sel, Andi Abdi Bashit budayawan, sekaligus maestro tari dan musik Sul-Sel, Andi Mandasini Saleh, Sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sinjai, Damyanti mewakili Kepala Dinas Kebudayaan Bone dan sejumlah organisasi pemerhati seni dan budaya. 

Camat Kajuara Andi Muhammad Guntur mewakili Bupati Bone menyampaikan apresiasi atas deklarasi dan pelantikan pengurus PSBB Sangdara ini, ia berharap Sangdara dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah di Kabupaten Bone. 

Kepala Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Selatan Andi Syamsul Rijal mengaku kegiatan yang digagas oleh Sangdara ini jarang terjadi, dimana para pemuda berinisiatif untuk melestarikan budaya. Hal ini juga sesuai dengan program pemerintah yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju.

"Kami dari Badan Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara sangat berbangga dan berterima kasih atas kegiatan yang digagas oleh teman-teman, sejak kedatanganya di tempat saya, saya langsung merespon baik, karena kegiatan ini jarang terjadi" ungkapnya. 

Sementara itu, Andi Akmal Pasluddin yang didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina PSBB Sangdara menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan. 

Ia mengaku ada satu budaya yang perlu dilestarikan yaitu budaya siri, budaya siri ini dijadikan motivasi untuk terus berkreasi. Ia juga mengajak dan memotivasi kepada para pengurus Sangdara dan hadirin, untuk terus berkreasi dan berkolaborasi dalam pembangunan.

"PSBB Sangdara ini bisa kita jadikan wadah, kita bisa berkalaborasi, karena bangsa ini tidak bisa maju kalau kita tidak bersama-sama. Saat ini dibutuhkan kolaborasi, dibutuhkan kerja sama" ajaknya. 

Ketua PSBB Sangdara, Fauzan Ma'ruf menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

"Kami berharap pemerintah Kabupaten Bone terus memberikan ruang kepada PSBB Sangdara untuk berkalaborasi dalam pembangunan, khususnya di bidang seni dan budaya", ucapnya.

Di akhir acara, Andi Abdi Bashit (budayawan yang juga merupakan maestro tari dan musik Sulawesi Selatan) melakukan orasi budaya dan pementasan seni monolog osong dan tari Allusu Makkunrai dari PSBB Sangdara.(yayu)