Metrologi dan Kaibrasi Tingkatkan Mutu Produksi Industri Dalam Negeri

By Admin


nusakini.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian (Puslit) Metrologi telah menjalankan fungsinya sebagai pengelola Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) di Indonesia. “Sebagai pengelola SNSU, LIPI pun menekankan bahwa metrologi dan kalibrasi menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan mutu produk industri dalam negeri, “ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Jasa Ilmiah LIPI, Bambang Subiyanto pada Sosialisasi dan Workshop Metrologi dengan tema ‘Kalibrasi Alat Ukur dalam Mengurangi Produk Gagal’, Senin (21/11) lalu di Medan, Sumatera Utara.

Bambang mengatakan, kemampuan metrologi atau ilmu pengetahuan tentang pengukuran pada suatu negara merupakan sebuah ukuran tingkat kesejahteraan masyarakat serta perkembangan teknologinya dalam berbagai bidang. “Metrologi telah menjadi bagian integral dari proses pengendalian produk dan inovasi. Kapasitas industri untuk berinovasi adalah salah satu faktor daya saing produk di pasar bebas, “tutur Bambang lebih lanjut. 

  Dirinya juga menjelaskan, pengukuran telah menjadi kebutuhan fundamental bagi pemerintah, industri dan masyarakat luas. “Pengukuran berkontribusi pada mutu kehidupan masyarakat melalui perlindungan konsumen, pelestarian lingkungan, pemanfaatan sumberdaya alam secara rasional, dan peningkatan daya saing industri, jasa dan manufaktur,” jelasnya.  

  Kepala Puslit Metrologi LIPI, Mego Pinandito menambahkan infrastruktur metrologi nasional merupakan sebuah kebutuhan mendasar suatu negara era pasar bebas saat ini. “Pemerintah mempunyai kewajiban untuk membangun sebuah lembaga metrologi nasional yang mampu memenuhi kebutuhan pengukuran nasional dan pada saat yang sama diakui kemampuannya di dunia internasional,” ujarnya. (p/mk)