Meski Sibuk, Ganjar Sempatkan Ambil Rapor Zidane

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang – Di sela kesibukannya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan diri mengambil langsung rapor hasil ujian tengah semester putranya, Muhammad Zinedine Alam di SMAN 3 Semarang, Jumat (15/3/2019). Beberapa catatan tentang putranya, Ganjar terima dari Wali Kelas XI IPA 7. 

Ganjar yang mengenakan pakaian adat Jateng tiba di SMAN 3 Semarang sekitar pukul 09.15 WIB sesaat sebelum akhirnya sang istri, Siti Atikoh menyusul. Tidak ada sambutan khusus saat Ganjar tiba di pintu gerbang sekolah. Dia pun langsung meluncur menuju ruang kelas Alam. 

Di ruangan, tampak Wali Kelas XI IPA 7, Widya tengah memberi penjelasan pada salah seorang wali murid sebelum menyerahkan hasil ujian siswa. Meski sempat membuat wali kelas dan beberapa wali murid kaget dengan kedatangannya, Ganjar memilih langsung duduk setelah mengucapkan salam, dan menunggu giliran nama anaknya disebut. 

“Ini tadi dia (Alam) bilang tidak bisa ikut ke sini. Saya lebih memilih konsultasi soal harian saja,” kata Ganjar usai menerima rapor. 

Ganjar mengatakan, Alam masih kelelahan karena baru saja tiba dari Manila Filipina. Di sana Alam bersama Tim Sagasco dari SMAN 3 Semarang mengikuti perlombaan Bussines Club, sebuah ajang perlombaan usaha milik pelajar. 

“Anaknya baru pulang dari Manila dengan Tim Sagasco dari SMAN 3 Semarang mendapatkan juara tiga sekaligus menyabet gelar The Best Finansial Management,” ujarnya. 

Ganjar menyampaikan lebih memilih diskusi dengan wali kelas Alam tentang perilaku keseharian Alam di sekolah. Ditanya soal hasil ujian, Ganjar mengatakan belum sempat mengintip nilainya karena langsung diserahkan pada istrinya, Siti Atikoh. “Lebih konsultasi apa kekurangannya, apa yang mesti diperbaiki,” ucapnya. 

Terkait kegiatan Alam dengan tim usahanya, Sagasco, orang nomor satu di Jateng ini tidak terlalu khawatir apakah akan mempengaruhi nilai mata pelajarannya atau tidak. Menurutnya, selain intelektual, kecerdasan lain juga mesti diperhatikan. 

“Pasti ada pengaruh, tapi kecerdasan yang penting kan lengkap, bukan sekadar intelektual (saja) tapi emosional, relationship, leadership itu juga penting,” paparnya. 

Sementara itu, Wali Kelas XI IPA 7 Widya mengatakan, secara keseluruhan, dari penguasaan mata pelajaran maupun perilaku Zinedine Alam sangat baik. Terlebih, dia cukup memiliki penyaluran bakatnya di Sagasco. Namun yang perlu dicatat, saat ini Alam sudah menjelang kelas tiga dan sudah harus ada persiapan untuk jenjang pendidikan selanjutnya. “Ini kan sudah mau kelas tiga (XII), ya harus disiapkan ke universitas,” ujarnya. (p/ab)