Meski Kalah dari UEA, Timnas U-16 Tunjukkan Progres Permainan

By Abdi Satria


nusakini.com-Dubai-Tim nasional Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 2-3 pada laga uji coba di Stadion federasi sepak bola UEA, Rabu (21/10). Pada pertandingan ini, skuat Garuda Asia sempat memimpin dengan skor 2-1 terlebih dahulu.

Sejak menit pertama, anak asuh Bima Sakti tersebut langsung menyerang pertahanan tuan rumah. Bahkan permainan satu dua yang ditampilan Garuda Asia langsung membuahkan hasil pada menit ke-5. Adalah Raka Cahyana Rizky yang mampu melesakkan gol pembuka bagi skuat Garuda Asia hingga membawa tim unggul atas UEA U-16 1-0. 

Permainan disiplin timnas U-16 diuji dipertengahan babak pertama. Pada menit ke 25, gawang yang dijaga ketat oleh I Made Putra Kaicen harus kebobolan juga melalui kreasi gol Sultan Adel Muhammad. Skor pun imbang 1-1. 

Tak gentar menghadapi tekanan tim tuan rumah, timnas U-16 pun memberikan perlawan dengan bermain lebih cepat demi membuahkan gol. Hasilnya pada menit ke-40 gol pun tercipta melalui sepakan Ahmad Athallah Raihan yang sukses menghujam gawang UAE dan membawa timnas U-16 unggul 2-1 di babak pertama. 

Dibabak kedua bongkar pasang pemain pun dilakukan pelatih Bima Sakti. Namun sayang pada menit ke-52' dan 74', gawang Indonesia harus kebobolan lagi. Sultan Adel Muhammad mencetak dua gol dan timnas U-16 kalah dengan skor 2-3. 

Usai laga, pelatih timnas U-16, Bima Sakti mengatakan meski kalah anak asuhnya sudah banyak mengalami progres dari segi permainan. Selain itu, chemistry antar pemain terutama saat defense, attack terutama transisi sudah terlihat lumayan. 

"Cuma memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan dievaluasi. Seperti kedisiplinan dalam menempati posisi masing-masing dan komunikasi antar pemain," kata Bima Sakti.  

“Jarak antar lini perlu diperbaiki karena kelihatan di menit-menit akhir posisi mereka melebar sehingga ini menjadi celah bagi lawan untuk bisa memanfaatkan situasi ini. Mereka tim bagus dan kita kehilangan fokus di menit-menit akhir, tapi secara umum kami sudah melakukan yang terbaik.” tambah pelatih yang pernah menangani timnas Indonesia senior dan U-19 tersebut.  

Timnas U-16 kembali bertemu UEA pada Sabtu (24/10) mendatang di tempat yang sama. Uji coba ini merupakan bagian dari persiapan Garuda Asia mengikuti Piala AFC U-16 2020 yang rencananya akan digelar tahun 2021 mendatang. (pssi.org)