Menunggu Hasil Tes Swab, Skuat PSIS Libur Latihan

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Jelang lanjutan Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 yang rencana akan digelar mulai Kamis (1/10) mendatang, PSIS Semarang akan meliburkan latihan skuatnya di awal pekan ini. Adapun Hari Nur Yulianto dan kolega dijadwalkan bertandang ke kandang baru Bali United di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (2/10). 

Hal ini disebabkan para penggawa klub berjuluk Laskar Mahesa harus menunggu hasil tes swab dari tim dokter. Tes kesehatan tersebut dilakukan di mes PSIS, Jalan Semeru Dalam, Kota Semarang, Minggu (27/9) siang. 

Pelatih, pemain, dan ofisial yang sudah merapat di Semarang menjalani tes swab secara tertib. Hanya Bruno Silva, Flavio Beck Junior, Tegar Infantrie, Yofandani Damai, Pratama Arhan yang absen. 

Bruno dan Flavio masih di luar negeri dan belum merapat. Sementara Yofandani dan Arhan sedang mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia U-19 di Kroasia. Lalu, Tegar menjalani proses pendidikan TNI Angkatan Udara. 

Dokter Tim PSIS, dr Alfan Nur Asyhar mengatakan tes swab yang dilakukan merupakan prosedur kesehatan rutin skuat asuhan Dragan Djukanovic selama berlatih selama satu setengah bulan terakhir di masa pandemi Covid-19. Dia menyebut tes swab penting untuk mengetahui kondisi para pemain, pelatih, dan ofisial PSIS dari virus corona. 

''Kami telah menjalankan tes swab PCR (Polymerase Chain Reaction) ketiga bagi pemain, pelatih, dan ofisial PSIS. Tindakan ini rutin kami lakukan setiap 14 hari sekali sebagai protokol kesehatan untuk memastikan seluruh pemain dalam keadaan yang sehat,'' kata dr Alfan.  

Dia menargetkan hasil tes swab akan segera diumumkan paling cepat pada Senin (28/7) siang. Selama menunggu, para pemain diliburkan dari latihan dan tetap dianjurkan melakukan protokol kesehatan secara baik. 

Adapun sebelum menjalani tes swab, para pemain menjalani latihan di Stadion Citarum, Minggu pagi. Setelah hasil tes keluar dan jika semua dinyatakan negatif, barulah tim pelatih menjadwalkan latihan lanjutan tiga hari jelang pertandingan Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020. 

''Kami berharap semoga hasil tes swab pemain, pelatih, dan ofisial PSIS negatif. Sehingga bisa menyambut liga dengan aman dan produktif,'' harap dr Alfan.(Liga Indonesia Baru)