Menteri Susi: Semua Negara yang ‘Nyolong’ di Indonesia Harus Kita Tangkap, Termasuk Cina

By Admin


nusakini.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, di Jakarta Selatan, Rabu, (1/6/2016) mengatakan, penangkapan kapal Guei Bei Yu 27088 yang berbendera Cina, dilakukan oleh KRI Owa 354 pada 27 Mei lalu sekitar pukul 18.00.

"Dalam operasi itu, TNI AL juga menangkap delapan anak buah kapal yang semuanya berkewarganegaraan Cina. Petugas juga menggeledah muatan serta dokumen dalam kapal ikan itu", kata Susi. 

Menurut Susi, saat penggeledahan muatan dan dokumen dalam kapal tersebut, petugas menemukan fakta bahwa kapal Guei Bei Yu 27088 menangkap ikan di perairan Indonesia tanpa izin dan tidak dilengkapi dokumen, baik kapal maupun ABK-nya. 

Lanjut Susi dengan tegas mengatakan, bahwa dirinya tidak akan memberikan perlakuan yang berbeda terhadap seluruh kapal asing pelaku illegal fishing. 

"Mau dari Amerika, Eropa, Australia, Cina, Thailand, semuanya sama. Kita tidak takut. Dipikir kita takut sama Cina, tidak. Semua negara yang nyolong di Indonesia harus kita tangkap," Tegas Susi.(if/mk)