Menteri Pendidikan Prancis Dikritik karena Umumkan Aturan Covid saat Liburan di Ibiza

By Nad

nusakini.com - Internasional - Menteri Pendidikan Prancis mendapat kecaman setelah mengkonfirmasi laporan bahwa ia mengumumkan langkah-langkah ketat Covid-19 baru untuk sekolah-sekolah saat berlibur di pulau pesta Spanyol Ibiza.

"Saya menyesali simbolisme" Ibiza, Jean-Michel Blanquer mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Selasa (18/1).

Namun, dia mengakui penyesalannya. "Di musim dingin sama sekali tidak seperti di musim panas," katanya kepada saluran TV Prancis TF1 Selasa, "Saya baru saja di luar, berhubungan dengan pemerintah."

Blanquer mengumumkan tindakan itu dalam wawancara telepon dengan surat kabar Prancis Le Parisien, yang diterbitkan pada 2 Januari, kata editor majalah itu di Twitter, meskipun wartawan tidak tahu dia berada di Spanyol pada saat itu.

Langkah-langkah tersebut termasuk peningkatan pengujian untuk anak-anak usia sekolah setelah teman sekelasnya dinyatakan positif, untuk menghindari penutupan kelas.

"Benar-benar ada jeda antara apa yang diwakili Ibiza dan apa yang dijalani rekan kerja sehari-hari sebelum kembali ke sekolah," Guislaine David, juru bicara serikat pengajar SNUipp-FSU mengatakan kepada penyiar Prancis Franceinfo, Rabu (19/1). Guru Prancis mogok pada 13 Januari karena tindakan aturan Covid-19 yang baru.

Berbicara di hadapan Majelis Nasional, Blanquer mengatakan bahwa kehadirannya di Ibiza tidak mempengaruhi keputusannya tentang protokol Covid-19 sekolah, atau kemampuannya untuk menjalankan fungsinya sebagai menteri pendidikan. Blanquer tidak melanggar batasan perjalanan Prancis dengan berlibur di Spanyol.

Prancis pada hari Selasa melaporkan rekor tertinggi 464.769 kasus Covid-19 baru dalam sehari, melampaui rekor harian sebelumnya yang terdaftar minggu lalu dengan hampir 100.000 kasus, menurut data kementerian kesehatan Prancis. Ada 375 kematian lagi, sehingga jumlah kematian di negara itu menjadi 128.629, menurut Universitas Johns Hopkins.(cnn/dd)