Menteri PANRB Minta IPDN Cetak ASN Berjiwa Hospitality

By Admin

nusakini.com-- Memasuki lingkungan IPDN, mobil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur disambut para praja IPDN yang berdiri berjajar rapi sampai gedung Balairung Rudini, tempat para praja berkumpul untuk mendengarkan ceramah Menteri Asman dalam kuliah umum. Menteri didampingi Rektor IPDN Ermaya Suradinata dan para pimpinan kampus tersebut berjalan menuju Balairung. 

Di ruang tersebut sebanyak 4.700 praja sudah duduk rapi siap menerima kuliah umum. "Baru kali ini saya berceramah di depan mahasiswa sebanyak ini dengan seragam seperti ini . Kagum saya. Rapi dan kompak," ujarnya saat membuka kuliah umum yang disambut tepuk tangan dari pra praja di Kampus IPDN, Jatinagor, Kamis (19/1). 

Berangkat dari kedisiplinan yang terlihat, Menteri Asman berharap praja IPDN nantinya dapat membawa pemerintahan menjadi lebih baik. "Kami mendorong sekolah kedinasan untuk menjadi motor penggerak perubahan," ujarnya. 

Dikatakan, sekolah kedinasan salah satunya IPDN dapat membentuk ASN yang modern. Dalam hal pelayanan publik, Menteri Asman berharap masyarakat dapat memperoleh kepastian dalam pelayanan. Sebagai pelayan masyarakat dapat memberikan pelayanan terbaik, seperti halnya jika memasuki bank, masyarakat disambut dengan senyuman dari pegawai. 

Hal ini juga menjadi keinginan Menteri Asman untuk dapat diterapkan pada unit pelayanan publik. Karena itu, Menteri Asman meminta Rektor IPDN untuk dapat memasukan kuriklum tentang Hospitality. "ASN perlu memiliki jiwa hospitality. Saya harap IPDN dapat mencetak ASN yang demikian," katanya. 

Menteri juga mengajak para praja dan semua yang hadir dalam kuliah umum untuk bersama-sama berjuang memperbaiki kualitas birokrasi. "Diharapkan nantinya lulusan IPDN memiliki peran yang sangat penting dalam membangun birokrasi yang berkualitas di daerah," ujarnya. (p/ab)