Menteri Marwan Tegaskan Pentingnya Informasi Geospasial dalam Pembangunan Desa

By Admin


JAKARTA – Menteri Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  (DPDTT) Marwan Jafar menyatakan informasi geospasial sangat penting dalam pembangunan desa, khususnya terkait dengan sumber daya alam tata ruang serta investasi.

Menteri Marwan menjelaskan bahwa basis data yang akurat dan terbarukan merupakan syarat mutlak dukungan terhadap pembangunan desa. Informasi geospasial akan mendukung pengambilan kebijakan dibidang ekonomi, sosial budaya dan ketahanan nasional.

“Terutama dalam pengembangan dan pengelolaan sumberdaya alam, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan lokasi investasi, penentuan batas garis wilayah, pertahanan dan keparawisataan” ujarnya dalam keterangan resminya yang dikutip nusakini.com, Jumat (26/2/2016)

Pentingnya informasi geospasial, kata Marwan, membuat informasi itu harus dijamin kemutakhirannya dan keakuratannya untuk menjaga adanya kekeliruan. “Bila ini tidak dilakukan akan menyebabkan timbulnya ketidakpastian hukum, inefisiensi anggaran serta inefektivitas informasi. *