Menteri Luar Negeri Belanda Mengundurkan Diri akibat Krisis Pengungsi Afghanistan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Menteri luar negeri Belanda, Sigrid Kaag telah mengundurkan diri akibat penanganannya untuk krisis evakuasi Afghanistan pada bulan lalu.

Ia merupakan pejabat pemerintahan negara Barat pertama yang mengundurkan diri akibat kekacauan yang terjadi setelah Taliban mengambil alih Afghanistan.

Menteri-menteri di Belanda mengecam Kaag dan mengatakan ia terlalu lama dalam merespon dan meninggalkan banyak warga Afghanistan yang sebenarnya bisa dibawa pergi dari negara mereka.

Kaag mengatakan ia berpegang teguh pada tindakannya, namun ia menerima keputusan menteri-menteri Belanda. Ia juga mengakui pemerintah lamban dan tidak beraturan saat merespon peringatan-peringatan mengenai Taliban.

Belanda berhasil mengevakuasi sekitar 2.000 orang dari Afghanistan dalam dua minggu terakhir bulan Agustus.

Namun ratusan karyawan lokal dan warga yang bekerja sebagai penerjemah dengan pasukan Belanda, ditinggalkan di Afghanistan.

Sigrid Kaag merupakan menteri luar negeri pertama yang mengundurkan diri sejak kekacauan akibat Taliban. Menteri pertahanan Ank Bijleveld juga dikecam, namun tidak mengundurkan diri.