Menteri Kebudayaan Korsel Usulkan "Olimpiade Budaya" kepada IOC

By Nad

nusakini.com - Internasional - Menteri Kebudayaan Korea Selatan, Hwang Hee mengatakan pada hari Selasa (22/2) bahwa ia mengusulkan diadakannya "Olimpiade Kebudayaan" kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach selama kunjungannya ke Beijing untuk Olimpiade Musim Dingin.

Hwang mengatakan dia mempresentasikan proposal Korea kepada kepala IOC, dengan alasan tiga alasan utama: pertama, menjunjung semangat Olimpiade untuk merayakan penghormatan terhadap perbedaan budaya; kedua, IOC dapat meningkatkan kehadirannya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan memperluas ruang lingkup kegiatannya ke bidang kebudayaan; akhirnya, Olimpiade Budaya dapat memiliki manfaat sosial dan ekonomi yang cukup besar.

“Saya percaya Olimpiade Budaya akan membantu memperkuat status Korea sebagai pusat kekuatan budaya. IOC pada prinsipnya setuju, tetapi mengajukan pertanyaan tentang rencana operasi, termasuk bagaimana item akan dibagi menjadi bentuk kompetitif atau nonkompetitif, dan bagaimana penilaian akan bekerja. Kami akan membahas detail lebih lanjut dengan IOC pada bulan Maret, dan jika perlu, saya akan terbang ke Eropa untuk memberikan presentasi," katanya saat konferensi pers di Seoul, Selasa, menandai peringatan satu tahun pengangkatannya.

Hwang juga berjanji akan membentuk panitia penyelenggara yang terdiri dari para ahli terkait. Dia sudah berkonsultasi dengan mantan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon tentang masalah ini, yang menyebutnya "proyek muluk."

"Dibandingkan dengan Olimpiade tradisional yang dihadiri sekitar 100.000-200.000 orang, Olimpiade Budaya dapat menarik 1 hingga 2 juta penonton," tambah Hwang.

Kementerian juga membahas kontroversi hanbok (pakaian tradisional Korea) di Olimpiade Beijing yang memicu sentimen anti-Cina di Korea. Hwang mengatakan dia tidak merasa perlu untuk mengajukan keluhan resmi karena pemerintah China mengakui bahwa hanbok adalah bahasa Korea. Negara tetangga kemudian menjelaskan bahwa itu berarti mewakili etnis minoritas Korea di Cina, "Joseonjok."

"Saya mengerti bahwa kontroversi ini dapat menyebabkan kesalahpahaman dalam hubungan baik antara kedua negara. China adalah mitra dagang terbesar kami, dan turis dari China menyumbang hampir sepertiga dari semua pelancong ke Korea. Terlepas dari ikatan ekonomi yang dalam, saya menjadi resah. setelah mendengar tentang penampil berpakaian hanbok. Jadi saya memakai hanbok ke upacara pembukaan sebagai protes diam," katanya.

Untuk menghindari menjadi korban upaya perampasan budaya, kementerian mengatakan bahwa mereka akan memulai kampanye internasional yang mempromosikan budaya tradisional Korea, termasuk hanbok dan kimchi.

“Saya pikir perselisihan seperti itu akan hilang jika kita memperkuat status kita sebagai kekuatan budaya. Korea telah berkembang menjadi salah satu dari 10 ekonomi teratas dunia dan konten budaya Korea menyebar ke seluruh dunia. Pemerintah akan memberikan dukungan penuh kepada mempromosikan budaya Korea." (thekoreatimes/dd)