Menteri Basuki : Pegawai PUPR Harus Berjiwa Pemaaf dan Saling Memaafkan dalam Menjalankan Tugas dan Amanah

By Admin

nusakini.com--Setiap pegawai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus memiliki jiwa pemaaf dan saling memaafkan dalam melaksanakan tugas maupun amanah yang dijalankan.

Demikian dikatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada saat memberikan sambutan di acara Halal Bi Halal Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR dengan tema "Kasih Sayang langit, Diturunkan Oleh Kasih Sayang di Bumi", di Pendopo Kementerian PUPR, Selasa (10/07/18). 

"Bulan ramadhan yang merupakan bulan penuh keberkahan baru saja berlalu. Memasuki bulan syawal setelah ramadhan ini, merupakan saatnya kita semua untuk mengucapkan permintaan maaf dan saling berlatih memaafkan terhadap kesalahan yang pernah dilakukan," kata Menteri Basuki. 

Menteri Basuki mengingatkan, ada dua hal yang menjadi beban dalam kehidupan setiap manusia. Yang pertama ialah beban dosa dalam diri, dan yang kedua ialah beban kesalahan setiap manusia yang pernah dilakukan kepada setiap insan di lingkungan tempat tinggal maupun bekerja. 

Ditambahkan Menteri Basuki, perbuatan dosa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa akan lebih mudah diberikan ampunan. "Karena Tuhan maha pengampun juga maha penyayang untuk seluruh umatnya," ucap Menteri Basuki. 

Menteri Basuki juga mengatakan, diperlukannya berlatih juga pengalaman dalam melakukan permintaan maaf. Tidak mudah untuk meminta maaf, karena setiap manusia memiliki emosi jiwa dan gengsi terhadap harga diri yang dimiliki. 

"Semoga dengan terlaksananya Halal Bi Halal ini, para pegawai di lingkungan Kementerian PUPR bisa menjadi orang yang legowo. Dengan hati yang ridho akan lebih ringan untuk melangkah dalam melaksanakan setiap tugasnya," ujar Menteri Basuki. 

Sementara, Penasehat DWP Kementerian PUPR Kartika Basuki Hadimuljono juga menambahkan, setiap manusia perlu memiliki tekad yang kuat dalam berbakti kepada Tuhan. 

"Ketika ibadah maupun dzikir seseorang terasa lemah, bersujudlah dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan maha pemaaf juga maha pengampun kepada hambanya " kata Kartika Basuki melalui Tulisan Hati Untuk Ramadhan yang dibuatnya. 

Selain pelaksanaan Halal Bi Halal DWP PUPR, juga menghadirkan tausyiah oleh Ustadz Muhammad Hayatuddin Attaly, Tarian daerah oleh anak-anak Yayasan Asih Budi, juga nyanyian dan deklamasi oleh putra-putri binaan Rumah Pintar Dharmawidya. 

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, yaitu Inspektur Jenderal PUPR Rildo A. Anwar, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Direktur Jenderal Cipta Karya Sri Hartoyo, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi A.H, Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Lana Winayanti, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, Kepala BPSDM Lolly Martina Martief.(p/ab)