Menteri Asman Wajibkan Kepala Daerah Ikut Smart City Forum

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Asman Abnur akan mewajibkan kepala daerah di Indonesia mengikuti kegiatan Indonesia Smart City Forum (ICFS) yang akan digelar setiap tahun. "Saya sangat mengapresiasi ini. Terima Kasih kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil karena sudah memperingan pekerjaan saya membuat acara seperti ini," ujar Asman dalam sambutannya saat membuka ISCF 2016 di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jabar, Jumat (2/9/). 

Menteri menilai ISCF 2016 yang digelar Jumat (2/9) hingga Sabtu (3/9) ini, sebagai wadah bagi setiap daerah untuk saling belajar, berbagi informasi dan ilmu terkait teknologi untuk memajukan daerah. "Sesuai instruksi Presiden, inilah (smart city) yang menjadi fokus kami. Kami sepakat akan menjadikan ini sebagai acara nasional, dan segera mengeluarkan SK untuk mewajibkan seluruh kepala daerah mengikuti kegiatan ini. Setiap tahun harus ada," tutur Asman menegaskan. 

Menurut Asman, manfaat forum ini signifikan untuk kemajuan daerah dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. "Ini forum belajar yang paling praktis, enggak perlu mikir, enggak perlu penelitian, enggak perlu studi banding lagi. Tinggal contoh, implementasikan, paksakan," ucapnya. 

Lebih lanjut Asman mengatakan, salah satu penekanan dari Presiden Jokowi adalah e-Goverment, khususnya e-Budgeting. Dengan Smart City, Kota Bandung yang sudah berhasil menerapkan e-Budgeting untuk menghemat anggaran, sebbesar satu triliun rupiah. “Bayangkan kalau diterapkan di seluruh kabupaten kota seluruh Indonesia. tidak perlu dilakukan pemotongan anggaran," kata Asman sambil berkelakar. (p/ab)