Menteri Amran: Melalui Nawacita, Mari Wujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani

By Admin


nusakini.comMenteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menegaskan membangun pertanian adalah sebuah kenicayaan untuk tidak hanya dinikmati generasi saat ini. Namun juga untuk didedikasikan bagi generasi yang akan datang. Desain membangun pertanian, kata Amran harus berorientasi jangka panjang, tanpa melupakan penyelesaian jangka pendek. 

"Kita jangan mewariskan impor dan kemiskinan bagi generasi mendatang,” kata Andi Amran, di Jakarta beberapa waktu yang lalu. 

Menurut Andi Amran, pembangunan berbasis pertanian (agricultural led Development) perlu dirubah menjadi berorientasi pada dua paradigma baru yaitu: 

1. Paradigma pertanian untuk pembangunan (agriculture for development). 

2. Paradigma pertanian bio-industri berkelanjutan. 

Oleh karena itu, sebagai bagian dari desain jangka panjang, Kementerian Pertanian telah menetapkan Rencana Strategis 2015-2019. 

Mengacu pada Nawacita 2015-2019 agenda ke-7 yaitu Mewujudkan Kemandirian Ekonomi dengan Menggerakkan Sektor-sektor Strategis Ekonomi Domestik, di antaranya menitik beratkan pada upaya mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Mensejahterakan Petani yang bertumpu pada kemampuan dan kekuatan untuk mengatur pangan secara mandiri.(if/mk)