Mentan Pantau Persediaan Pangan di Pasar Terong Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memantau persediaan kebutuhan pangan di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/4/2022).

Dia mengatakan riak-riak kenaikan harga pangan jelang Ramadhan selalu terjadi. Namun yang harus dijaga adalah ketersediaan bahan pangan tersebut di lapangan sehingga gejolak harga tidak terus berlanjut. Sementara dari pemantauan di Pasar Terong, diakuinya, semua pasokan pangan seperti daging ayam, daging sapi, dan beras, cukup.

"Jadi memang presiden meminta pada menterinya, melakukan upaya-upaya agar kelangkaan yang terjadi di lapangan bisa diminimalisasi," kata Mentan saat pemantauan di pasar tradisional terbesar di Makassar itu.

"Hanya yang jadi masalah minyak goreng. Tadi sudah tanyakan dan diakui barang ada, hanya dipajang sedikit-sedikit," tambahnya.

Menurut Mentan, dari hasil pembicaraannya dengan Menteri Perdagangan M Lutfi sebenarnya distribusi minyak goreng sudah banyak ke Makassar. Namun minyak goreng belum disalurkan secara optimal sehingga kesannya masih kurang. Karena itu, harus terus didorong agar distributor secepatnya mendistribusikan.

Selain berkunjung ke Pasar Terong, Mentan dan rombongan juga mengagendakan ke Pasar Pabaeng-baeng untuk meninjau ketersediaan bahan pangan menjelang Ramadhan. Selanjutnya Mentan Syahrul menuju ke Kabupaten Maros untuk menghadiri kegiatan di sektor pertanian. Hal itu dinilai penting karena demi menjaga persediaan di hilir lancar, maka harus menjaga ketersediaan bahan pangan di hulu.(rep)