Mentan Panen Raya di Luwu Timur Sulsel

By Admin


nusakini.com - Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman di sela-sela acara panen raya di Desa Balirejo Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur, Rabu (4/5/2016) mengatakan, anggaran untuk membantu produktivitas petani di Provinsi Sulawesi Selatan sebesar hampir Rp 5 triliun, termasuk Kabupaten Luwu Timur (Lutim) ini.

Mentan menjelaskan, bahwa daerah Lutim memiliki keunggulan yang tidak dimiliki wilayah lain, oleh karena musim kering disini hampir tidak pernah terjadi. Itu disebabkan karena iklim wilayah yang memang berbeda dengan iklim wilayah didaerah Sul Sel lainnya. 

Lanjut Mentan, selain itu, produksi beras Lutim juga tercatat selalu melebihi target yang ditetapkan pemerintah sebesar 250 ribu ton. 

Kemudian Mentan mengatakan, di Tahun 2016 ini bantuan dari Kementan bagi Lutim antara lain alat mesin pertanian (alsintan) seperti transplanter, hand tractor, rotary dan mesin pompa air kepada kelompok tani. Kemudian bibit unggul untuk 3 juta hektare yang bakal diberikan secara gratis kepada petani nasional.(if/mk)