Mentan Amran: Swasembada Tidak Mungkin Tercapai dengan Pejabat yang Kerjanya Biasa Saja

By Admin


nusakini.com Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan bahwa tugas yang dilakukan oleh pejabat, membutuhkan leadership yang tangguh, pejabat yang pekerja keras, serta memiliki komitmen tinggi. Hal ini disampaikan Mentan saat melantik 5 pejabat Pimpinan Tertinggi Pratama lingkup Kementerian Pertanian di Kantor Kementan, Senin (21/3/2016).

Menurut Mentan Amran, sasaran tidak mungkin tercapai bila pejabat bekerjanya biasa-biasa saja dalam menggerakan sumberdaya untuk mencapai target swasembada pangan yang telah dicanangkan.

Dari satu tahun setengah program Upaya Khusus dijalankan, telah ada indikasi keberhasilan dengan keadaan pasokan yang cukup stabil dengan produksi pangan cukup stabil dengan produksi pangan utamanya beras yang surplusnya lebih dari 10 juta ton serta hambatan distribusi dan permainan perdagangan yang dapat diredam.

“Dalam Sebulan terakhir kunjungan kerja di beberapa propinsi dan kabupaten/ kota sebagai bagian dari agenda panen raya di 7 propinsi, terlihat di lapangan bahwa program Upsus Swasembada pangan sangat besar manfaatnya dalam mendorong capaian kinerja produksi pangan,” jelas Mentan.

Lebih lanjut disampaikan pada acara pelantikan tersebut, 5 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Pertanian yang dilantik Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 174/Kpts/KP.30/3/2016, Tanggal: 10 Maret 2016, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Kementerian Pertanian diantaranya;

Dr. Ir. Surachman Suwardi, M.P., sebagai Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak

Drs. Gunawan Yulianto, M.M., M.Si., sebagai Kepala Pusat Pendididkan Pertanian

Dr. Ir. Widi Hardjono, M.Sc., sebagai Kepala Pusat Pelatihan Pertanian

Ir. Heri Suliyanto, M.BA., sebagai Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian

Ir. Ali Rachman, M.Si., sebagai Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang.(mk)