Menpora Tak Berniat Hentikan TSC 2016

By Admin

nusakini.com--Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot Dewa Broto menegaskan wacana penghentian TSC 2016 tidak masuk dalam pembahasan pada pertemuan Kemenpora dengan PT Gelora Trisula Semesta, Senin (27/6). 

Menurut Gatot, pertemuan tersebut dilakukan untuk mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi saat  kericuhan yang terjadi dalam pertandingan Persija Jakarta kontra Sriwijaya FC  di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (24/6)

“Kami hanya ingin mendengarkan solusi dari PT GTS terkait kericuhan pertandingan Persija melawan Sriwijaya FC,” ucapnya 

Gatot juga membantah , salah satu poin dari 11 pernyataan resmi Kemenpora soal kericuhan di SUGBK hanya berupa pertimbangan. Terlebih, sudah ada beberapa insiden yang terjadi sebelum kericuhan yang melibatkan oknum suporter The Jakmania dengan pihak kepolisian. 

“Pertimbangan tersebut bukan berarti Kemepora akan menghentikan kompetisi, tapi lebih kepada evaluasi yang akan kami dengarkan dari PT GTS pada pertemuan nanti," ia mengungkapkan. 

Sebelumnya, kericuhan terjadi pada laga Persija melawan Sriwijaya FC yang membuat pertandingan terhenti pada menit ke-81. Kejadian itu bermula saat gas air mata masuk ke stadion yang membuat merangsek ke dalam lapangan. Hanya saja, masuknya penonton membuat pecahnya kericuhan yang lebih besar dengan aparat keamanan. 

Kericuhan yang melibatkan oknum suporter Persija dan pihak keamanan juga berbuntut panjang karena salah satu anggota polisi, Brigadir Hanafi harus dirawat di Rumah Sakit Kramat Jati, Jakarta, sempat kritis karena mendapatkan serangan benda tumpul. Namun begitu, kondisi korban perlahan sudah mulai membaik.(b/ab)