Menpora Amali Harap UI Berkontribusi dan Jadi Penopang Utama Prestasi Olahraga

By Abdi Satria


nusakini.com-Depok-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap dengan diresmikanya gedung sarana olahraga, Universitas Indonesia bisa ikut berkontribusi memajukan olahraga. Salah satunya yakni menjadi penopang utama meningkatkan prestasi.

“Saya harap nanti Universitas Indonesia akan hadir ditengah dunia olahraga dan menjadi penopang utama prestasi olahraga ditingkat dunia,” kata Menpora Amali di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/12).

Menpora Amali menyampaikan, perkembangan olahraga tidak bisa lepas dari peran sport science. Oleh karenanya, jika prestasi olahraga Tanah Air ingin terus meningkat, maka harus memperhatikan sport science.

“Peran sport science harus betul diperhatikan, sebab perkembangan olahraga tidak bisa lepas dari sport science, dan itu ada di perguruan tinggi,” ujar Menpora Amali.

Lanjut Menpora Amali, saat ini banyak atlet berprestasi yang lahir dari perguruan tinggi. Sejalan dengan ini, Menpora Amali meminta pihak kampus ikut berkontribusi dalam menyukseskan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Dalam DBON, kita menargetkan Olimpiade dan Paralimpiade sebagai sasaran utama. Hal ini sudah kita diskusikan dengan paraktisi olahraga, para profesor, akademisi dan stakeholder olahraga,” sebut Menpora Amali.

Dari diskusi tersebut, disepakati bahwa DBON berfokus dalam cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi. Menpora Amali optimis target yang diinginkan dalam DBON bisa tercapai.

“DBON ini dikoordinasikan oleh tim pusat yang dipimpin Bapak Wakil Presiden. Sedangkan untuk tingkat daerah, gubernur yang akan mengkoordinasikannya. Jadi disini sudah jelas target kita Olimpiade dan Paralimpiade menjadi sasaran utama,” jelas Menpora Amali.(rls)