Menpora Amali Harap Kejuaraan Basket Piala Gubernur Kaltim Lahirkan Atlet Muda untuk Timnas Basket

By Abdi Satria


nusakini.com-Samarinda-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan harapannya agar hasil dari Kejuaraan Basket antar SMA Piala Gubernur Kaltim 2021 akan mengisi di jajaran atlet senior atau atlet elit nasional. Harapan itu disampaikan saat Menpora Amali saat menyaksikan pertandingan basket antar SMA Piala Gubernur Kaltim tahun 2021.

"Cabang olahraga basket masuk dalam cabor yang dibina oleh DBON. Dan Kaltim menjadi salah satu sentra pembinaan talenta-talenta dan bibit-bibit atlet yang akan masuk ke atlet yang akan mengisi di senior atau atlet elit nasional," kata Menpora Amali di GOR Serbaguna Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kaltim, Sabtu (11/12).

Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya ada 10 sentra pembinaan prestasi olahraga nasional dan Kaltim terpilih menjadi salah satunya. "Kita akan segera membuat roadmap apa yang akan dilakukan didalam sentra itu, kemudian memetakan cabor apa yang menjadi unggulan di provinsi masing-masing untuk segera dikoordinasikan agar tidak tumpang tindih di antara provinsi itu," urainya.

"Khusus untuk bola basket saya berharap para atlet, talenta yang ada sekarang semangat dan nanti harus memiliki niat dan kemauan menjadi tim bola basket nasional yang dihasilkan dari turnamen ini. Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas, selamat untuk semuanya," ujar Menpora Amali.

Lebih jauh orang nomor satu di olahraga Indonesia ini menguraikan bahwa untuk mendapatkan bibit atau talenta yang baik hanya bisa didapatkan dari masyarakat yang bugar. "Masyarakat yang bugar adalah masyarakat yang gemar berolahraga, olahraga harus dijadikan budaya di tengah masyarakat khususnya untuk mendorong prestasi, jadi istilah memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat akan digalakan kembali," tambahnya.

Kejuaraan ini diikuti 151 tim basket. Adapun 151 tim yang terdaftar terdiri atas 16 tim Pelajar Putra (Samarinda (SMD) : 9 Tim, Balikpapan (BPN) : 5 Tim, Kukar : 1 Tim, Botang : 1 Tim), 8 Tim Pelajar Putri ( Smd : 4 Tim, Bpn : 3 Tim, dan Bontang : 1 Tim), Antar Klub/Umum Putra : 16 Tim (Smd : 10 Tim, Bpn : 6 Tim), Antar Klub/Umum Putri : 6 Tim (Smd : 5 Tim, Bpn : 1 Tim). Sementara untuk nomor 3 X 3, SMP Putra 30 Tim, SMP Putri 15 Tim, SMA Putra 30 Tim dan SMA Putri 30 Tim.

Sistem pertandinganya adalah sistem grup atau semi kompetisi, dengan total pertandingan sebanyak 177 gim. Terdiri atas 62 gim penyisihan, 16 gim semifinal dan Final untuk pertandingan 5 X 5. Sementara pertandingan 3 X 3 akan memainkan 99 gim.(rls)