Menpora Amali Berikan Apresiasi UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Terlaksana Secara Mandiri

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Palangka Raya--Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menaruh rasa bangga dan apresiasi atas terselenggaranya acara Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup Series ke-8 Tahun 2022 di Palangka Raya yang terlaksana secara mandiri atas swadaya masyarakat Palangka Raya.

"Saya juga sampaikan apresiasi dan terima kasih, karena kegiatan ini sepenuhnya adalah swadaya dari Pak Gubernur, Ketua Panitia dan seluruh pemprov Kalteng dan masyarakat Kalimantan Tengah," kata Menpora Amali saat membuka UCI MTB Eliminator World Cup Tahun 2022, di Arena Luar Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (28/8) siang.

Menurut Menpora Amali, semenjak dirinya menjadi Menpora, belum pernah menemukan daerah yang menyelenggarakan kegaiatan level dunia dengan atas biaya mandiri seperti Palangka Raya.

"Saya kira saya belum pernah bertemu ada daerah yang melaksanakan kegiatan internasional dengan swadaya sendiri seperti Palangka Raya, Kalimantan Tengah ini," aku Menpora Amali.

"Oleh karena itu, sekali lagi terima kasih kami senang, sering-seringlah melaksanakan kegiatan dengan kegiatan dan kemampuan sendiri karena Pak Gubernur sudah menggambarkan bagaimana potensi Kalimantan Tengah ini," jelas Menpora Amali.

Menpora berharap, para peserta akan merasa nyaman, aman dan merasa betah selama berkompetisi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Menurutnya, para peserta telah menjadi bagian dari orang Palangka Raya dan Kalimantan.

"Kepada seluruh peserta dari seluruh negara, kami pemerintah Indonesia sampaikan terima kasih atas keikutsertaannya. Kami berharap kalian semua merasa senang dan nyaman dalam berkompetisi di Kejuaraan UCI MTB Elliminator World Cup Series ke-8 Tahun 2022 di Indonesia," ujarnya.

"Kalian semua telah menjadi salah satu saudara dari Kalimantan Tengah. Saya berharap anda semua selalu mengingat Indonesia dan Palangka Raya. Selamat bertanding dalam kejuaraan ini," tambah Menpora Amali.

Ketua Panitoa UCI MTB Eliminator World Cup 2022 Agustiar Sabran menyebut, kegiatan itu terselenggara atas dukungan semua pihak baik pemerintah, swasta, TNI-Polri, dan tenaga medis. Kegiatan itu diikuti oleh atlet nasional dan internasional, 18 atlet nasional dan 34 atlet luar negeri dari 30 negara.

"Pendanaan kegiatan ini berasal dari swadaya dan gotong royong masyarakat Kalimantan Tengah. Dalam kegiatan ini juga panitia menyelenggarakan Expo dan Bazaar yang menjual pernak-pernik MTB dan Kalimantan Tengah," ujarnya. 

"Acara ini membuktikan bahwa Palangka Raya dipercaya dunia internasional dan mampu sejajar dengan provinsi lain bahkan sejajar dengan kota-kota besar di dunia," pungkas Agustiar.(rilis)