Menperin Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak mahasiswa menanamkan jiwa pengusaha saat memberikan kuliah umum di Universitas Nusa Cendana (Undana) berjudul "Prospek Pengembangan Industri Daerah dan Kontribusi Perguruan Tinggi".

Turut hadir dalam acara tersebut Rektor Undana Prof Dr Fredik Benu dan Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Ditjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih. 

Dengan demikian, lanjut Saleh, para civitas akademika dapat berpartisipasi dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa, termasuk pembangunan daerah. 

"Saya punya keyakinan bahwa Undana ini berkeinginan untuk dapat menghasilkan tenaga–tenaga yang kompeten, profesional dan berjiwa wirausaha," kata Saleh melalui siaran pers diterima di Jakarta, Kamis (14/4/2016). 

Perguruan tinggi bisa mengembangkan kewirausahaan para mahasiswa dengan menyediakan unit klinik wirausaha yang bekerja sama dengan asosiasi pengusaha dan organisasi ekonomi bisnis seperti Apindo, Kadin dan pusat-pusat studi. 

Termasuk pula dengan Ditjen Industri Kecil Menengah (IKM) Kemenperin melalui unit pelaksana teknis, di mana penelitian Badan Riset dan Standardisasi Industri (Baristan) juga dapat dimanfaatkan. 

"Saya yakin para mahasiswa kaya ide berwirausaha, mereka butuh didorong dan disemangati melalui diskusi, konsultasi dan pendampingan," katanya. (ab)