Menlu UAE Sebut Indonesia Negara Kunci di Asia

By Admin

nusakini.com-- Menlu UAE, Sheikh Abdullah bin Zayed Nahyan menyebut Indonesia sebagai negara kunci. Hal ini disampaikan Menlu UAE pada saat memimpin pertemuan ACD bersama Menlu Thailand dan Sekjen ACD ketika mengundang Menlu Retno Marsudi untuk memberikan statemen resminya. 

"Kini saya akan mengundang Menlu dari negara yang merupakan teman sangat dekat dari negara-negara teluk. Negara yang merupakan pemain kunci di Asia, Menlu Indonesia, Ibu Retno”, demikian Menlu Sheikh Abdullah bin Zayed Nahyan mengumumkan di sesi Pertemuan Ke-15 Menteri Luar Negeri ​Asian Cooperation Dialogue (ACD), di Abu Dhabi, Selasa (17/1).  

Pernyataan khusus tersebut sempat membuat suasana hening seisi ruangan pertemuan dan mendapat sambutan hangat dari 34 peserta ACD yang sedang membahas isu kerja sama energi di Asia tersebut. 

  Saat menyampaikan pernyataan yang mendapat perhatian seluruh peserta itu, Menlu Abdullah juga menyinggung beberapa inisiatif Indonesia di bidang energi, serta menyampaikan keberhasilan sekolah Green School Bali yang berhasil mendapatkan penghargaan Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan “Future Energy Prize 2017” untuk proyek energi terbarukan kategori sekolah. 

  PTM ACD ke-15 yang dipimpin langsung oleh Menteri Luar Negeri Persatuan Emirat Arab, Sheikh Abdullah menyepakati dokumen Abu Dhabi Declaration, ACD Energy Action Plan 2017 – 2019 untuk memberikan semangat pembaruan bagi ACD melalui fokus kerja sama pada sektor energi.(p/ab)