Menlu RI: Tahun 2020 Momentum Penting Hubungan Diplomatik RI-RRT untuk Tingkatkan Kemitraaan Strategis Komprehensif

By Abdi Satria


nusakini.com-​Madrid-"Tahun 2020 yang merupakan perayaan 70 tahun hubungan RI-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menjadi momentum penting bagi penguatan Kemitraaan Strategis Komprehensif RI-RRT," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P. Marsudi dalam pertemuan dengan Menlu RRT, Wang Yi di sela-sela Pertemuan Asia Europe Meeting Foreign Minister Meeting (ASEM FMM) ke-14 di Madrid. Pertemuan ini merupakan pertemuan ketiga Menlu RI dan Menlu RRT pada tahun ini. Ini menandakan intensitas kerja sama kedua negara yang begitu tinggi. 

Menlu Wang Yi sampaikan rencana kunjungan ke Indonesia pada awal tahun 2020. Menlu RI sambut baik rencana kunjungan tersebut. 

Selain itu, Indonesia dan RRT menegaskan arti penting dari integrasi ekonomi kawasan. Indonesia harapkan agar integrasi ekonomi dapat hasilkan kerja sama yang menguntungkan (win-win). 

Menlu RI juga mengapresiasi penanganan Pemerintah RRT telah mendukung proses pemulangan 20 WNI yang menjadi korban skema pengantin pesanan sejak bulan September 2019. Ke depan, kerja sama penanganan perdagangan manusia perlu ditingkatkan. 

Di akhir pertemuan, Menlu RI meminta informasi mengenai perkembangan situasi di Xinjiang. Menlu RRT menegaskan komitmennya bahwa kebebasan beragama umat muslim di Xinjiang dijamin oleh negara. 

RRT merupakan mitra dagang terbesar Indonesia, total nilai perdagangan Indonesia – RRT pada tahun 2018 mencapai USD 72,6 milyar. Selain itu, RRT merupakan investor asing ketiga terbesar, dengan total nilai investasi pada tahun 2018 mencapai angka USD 2,3 milyar.(p/ab)