nusakini.com - Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan saat ini, masih terus melakukan komunikasi secara intensif dengan Menlu Filipina. Hal itu disampaikan saat menjawab pertanyaan wartawan mengenai penyanderaan warga negara Indonesia (WNI) di Filipina usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam lawatan ke-4 negara Eropa di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta (23/4/2016).

“Kita masih terus, walaupun kita jauh, kita di luar, tetapi dari waktu ke waktu saya terus memantau, saya terus berkomunikasi,” tutur Menlu Retno seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Lebuh jauh, Menlu Retno menyampaikan bahwa percakapan terakhir dengan Menlu Filipina saat berada di Belanda dan menjelang keberangkatan kembali ke Indonesia.

“Sehingga semua perkembangan, komunikasi, saran kita, dan sebagainya terus kita lakukan. Informasi yang kami peroleh adalah bahwa Warga Negara Indonesia alhamdulillah sampai saat ini masih dalam kondisi baik,” ujar Retno.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, menurut Retno, kepada 14 WNI dalam kasus tersebut. “Kita melakukan komunikasi secara intensif. Sekali lagi, dari hari H kita terus melakukan komunikasi dengan otoritas Filipina mengenai masalah cara penyelesaian yang terbaik,” tegas Menlu Retno (mk)