Menkopolhukam Prediksi Badan Cyber Nasional Dibentuk Agustus 2016

By Admin

nusakini.com-- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan memprediksikan pembentukkan Badan Cyber Nasional (BCN) sudah dapat dilakukan pada Agustus 2016. "Mungkin bulan depan BCN sudah jadi," katanya di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta, Kamis (14/7) 

Luhut mengklaim proses pendirian BCN telah memasuki tahap akhir, sehingga kehadiran lembaga yang pembuatannya sudah direncanakan sejak 2015 ini tidak akan memakan waktu lama lagi.  "Ini (BCN) akan segera selesai, saat ini kami sudah masuk dalam tahap finalisasi," ujarnya. 

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pembentukan BCN masih menunggu hasil koordinasi dari Kemenkopolhukam. 

Ia mengklaim kini pihaknya tengah menyiapkan standardisasi untuk BCN pada tiga sektor strategis, yaitu bidang keuangan dan perbankan, transportasi, serta energi dan sumber daya mineral. 

Menurut dia, standardisasi yang ditargetkan selesai pada September 2016 itu, akan mencakup tata cara atau proses bisnis dari masing-masing sektor, yang diadopsi dari standar internasional dan disesuaikan dengan kondisi yang berkembang di Indonesia. (p/ab)