Menko Puan Terus Gelorakan 2016 Sebagai Tahun Inovasi

By Admin


nusakini.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengelorakan tahun 2016 sebagai tahun inovasi bagi Indonesia. Menko Puan meminta komunitas penelitian dan ilmu pengetahuan (iptek) merespon isu strategis sekaligus mencari solusi agar pembangunan berbasis iptek dan inovasi.

Hal itu disampaikan Puan dalam Peringatan Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Indonesia (Hakteknas) ke-21 di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2016). "Hakteknas menjadi momentum memperbaharui komitmen kita menguasai teknologi guna menghasilkan terobosan inovatif dalam menjawab tantangan dalam negeri dan global," ujarnya.

Hakteknas ditandai sejarah penting di bidang teknologi tahun 1995. Saat itu teknologi Indonesia bangkit, putra-putri bangsa berhasil membuat dan mengujiterbangkan perdana pesawat N250 yang waktu itu dirintis BJ Habibie.

Puan mengapresiasi capaian kegiatan riset dan teknologi yang menurutnya masih perlu terus ditingkatkan yakni di bidang alat kesehatan, benih unggul, transportasi dan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Dia juga menyoroti pentingnya meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) dari pendidikan dasar hingga tinggi untuk menghasilkan manusia berintegritas, beretos kerja dan bergotong royong.

Di bidang lain, kata Puan, komunitas penelitian juga harus merespon isu strategis di bidang pengembangan ekonomi berbasis informasi teknologi komunikasi dan membangun start uphandal seperti usaha kecil menengah (UKM). "Tahun 2016 pemerintah beri kredit usaha rakyat (KUR) untuk usaha kecil menengah (UKM) Rp 120 triliun. Kalau tidak dimanfaatkan dengan baik, ekonomi tidak bisa berjalan dengan semestinya," ucapnya.

Sementara sinergi pusat dan daerah juga perlu dijalin untuk meningkatkan kualitas riset di bidang pangan mendorong kualitas produksi pangan. Di bidang transportasi massal berupa teknologi tol laut dan memantau illegal fishing. (p/mk)