Menkeu: Pandemi Dorong Akselerasi Transformasi Digital

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan adanya pandemi Covid-19 mendorong akselerasi transformasi menuju kepada digital teknologi.

“Dalam situasi pandemi, teknologi digital menjadi salah satu yang merupakan the winner karena pandemi membuat masyarakat tidak bisa berinteraksi secara fisik. Dalam situasi seperti ini, teknologi digital memberikan solusi,” ujar Menkeu dalam The 3rd Indonesia Fintech Summit 2021, Sabtu (11/12).

Menkeu mengambil contoh transformasi digital yang dilakukan di Kementerian Keuangan. Desain skenario transformasi digital yang telah dibuat rencananya akan dilakukan dalam kurun waktu empat tahun, yakni dari 2020 hingga 2024.

“Dengan adanya pandemi, maka transformasi itu kemudian terakselerasi menjadi hanya kurang dari tiga bulan. Seluruh nota-nota dan semuanya berubah ke digital,” kata Menkeu.

Guna mendukung transformasi digital tersebut, Menkeu menyebut pemerintah fokus kepada infrastruktur, regulasi, dan cara kerja yang berubah. Harapannya, adanya transformasi digital menjadi suatu cara untuk memperbaiki kinerja pemerintah, termasuk pelayanan kepada publik. (rls)