nusakini.com - Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek Disela sela inspeksi mendadak di Stasiun Solobalapan Dan Terminal Bus Tirtonadi di Surakarta, Rabu (22/6/2016), untuk mengecek persiapan pelayanan kesehatan menyambut arus mudik Labaran 2016, mengatakan, bahwa kesiapan pengemudi khususnya masalah kesehatan, diharapkan bisa mengurangi terjadinya kecelakaan,

" Utamanya cek tekanan darah supir dan apakah mengkonsumsi alkohol. Inikan semua demi keselamatan penumpang juga", kata Menteri Nila. 

Sebelumnya, Menkes Nila juga melakukan sidak di Terminal Bus Tirtonadi Surakarta, yang didampingi Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kemenkes, Bambang Wibowo, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo. 

Menurut Menkes dari hasil pemeriksaan dari Jakarta melalui jalur pantura hingga ke Solo, pelayanan kesehatan semuanya sudah siap untuk rumah sakit, Puskemas, tempat pelayanan kesehatan, sedangkan Pos kesehatan lainnya baru dioperasikan H-12 Idulfitri 1437 Hijriah. 

"Persiapan pelayanan kesehatan ini, upaya dari pusat dan terbaru call center 119 untuk pelayanan pertolongan cepat di lapangan yang sudah memiliki 27 tempat," kata Menkes. 

"Kami berharap dengan pelayanan call center ini, pertolongan akan lebih cepat. Meskipun, pelayanan belum bisa optimal, tetapi kita akan terus perbaiki-perbaiki. Selain sistem, juga sumber daya manusianya (SDM) harus siap," katanya.(ifm/mk)