Menkes Nila Lepas 725 Peserta Sepeda Sehat Jakarta-Bogor 52 KM

By Admin

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek melepas peserta sepeda sehat (Foto: Kemenkes) 

nusakini.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek melepas 725 peserta lomba Sepeda Sehat Jakarta-Bogor 52 KM di halaman kantor Kementerian Kesehatan RI yang terletak di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (6/11/2016)

Menurut Menkes, jarak 52 KM tersebut menjadi momentum ke-52 peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Tahun ini, HKN mengusung tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”.

Kegiatan Sepeda Sehat Jakarta Bogor 52 KM diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya hidup sehat melalui olah-raga.

“Biasakanlah berolah raga, jadikan sebagai bagian dari gaya hidup kita. Karena dengan aktif berolah raga, selain membuat tubuh menjadi bugar, juga menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit”, tutur Menkes.

Menkes menjelaskan bahwa pada dasarnya, penyakit degeneratif dapat dicegah melalui berbagai cara, salah satunya adalah berolahraga. Upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk berolahraga bukanlah tanpa alasan. Mengutip data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2007 dan 2013, penduduk kurang aktivitas fisik mencapai 26,1%. Disamping itu, risiko perilaku kurang sehat di masyarakat, seperti penduduk yang merokok sejak usia dini mencapai prosentase 36,3%; penduduk usia >10 tahun yang kurang mengonsumsi buah dan sayur mencpai 93,5%; dan penduduk >10 tahun yang minum minuman beralkohol sebesar 4,6%.

Kesadaran akan pentingnya berolahraga juga sejalan dengan program yang akan dicanangkan pemerintah, yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang menekankan pentingnya mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

“GERMAS berfokus pada tiga kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM). Gerakan ini dapat dilakukan dari diri sendiri, di lingkungan keluarga, komunitas dan juga institusi”, kata Menkes.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kesehatan saat ini juga telah melakukan upaya-upaya kesehatan olahraga dengan meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, melalui peningkatan aktivitas fisik dan latihan fisik yang baik, benar, terukur, dan teratur sesuai dengan kaidah kesehatan. Sasaran program Kemenkes RI dimulai dari ibu hamil, anak, remaja, dewasa sampai lansia, termasuk orang dengan masalah penyakit tidak menular, dengan sasaran dititik beratkan pada kelompok masyarakat seperti kelompok haji, anak sekolah, serta pendampingan kepada pos upaya kesehatan kerja (UKK) sektor informal. Selain itu, dalam hal menerapkan upaya menjaga kebugaran di lingkungan kerja, saat ini Kemenkes menjadi pioneer karena sudah mulai memberlakukan senam peregangan di tempat kerja, dipandu oleh pengeras suara.

Sekilas Tentang Sepeda Sehat Jakarta Bogor 52 KM

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Bambang Wibowo, selaku Ketua Bidang Olahraga dan Lomba HKN ke-52 Tahun 2016 menerangkan bahwa para peserta start dari halaman kantor Kemenkes RI dan finish tepat 52 KM di Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor. Sepeda Sehat Jakarta Bogor 52 KM ini terdiri dari 3 etape. Peserta dapat beristirahat di 2 titik rest area yang telah disediakan panitia, yaitu RS Fatmawati Jakarta, dan RS Citra Insani, Parung Bogor.

Peserta Sepeda Sehat Jakarta-Bogor 52 KM tidak hanya diikuti oleh pegawai di lingkungan kantor pusat Kementerian Kesehatan, namun juga UPT Vertikal di lingkungan Kemenkes, RS Swasta, RS TNI/Polri, Komunitas, dan Mitra Kerja Kementerian Kesehatan. Diharapkan dengan kegiatan bersama ini dapat menumbuhkan solidaritas dan harmonisasi antar unit dan lembaga.

Bersepeda sejauh 52 KM, bukan mustahil dapat dilaksanakan. Faktanya, kegiatan serupa pernah dilakukan, bahkan dengan jarak yang lebih menantang. Tim Gowes Surojaka (Surabaya-Jakarta) telah berhasil menempuh perjalanan sejauh 791 Km dengan bersepeda pada peringatan HKN tahun 2012 silam.(p/mk)