Menhub Menilai Pelabuhan Sibolga Terbaik di Bagian Barat Sumatera

By Abdi Satria


nusakini.com-Sibolga - Progres pembangunan penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga yang terletak di Kecamatan Sibolga Sambas, Provinsi Sumatera Utara yang dimulai sejak tahun 2016 kini sudah mencapai 100 persen. Menhub menyampaikan bahwa pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang terbaik dan terbesar di bagian barat Pulau Sumatera, yang memungkinkan kapal-kapal besar dapat bersandar dan mengangkut logistik. 

"Alhamdulillah Pelabuhan Sibolga bisa kita selesaikan. Menurut pengalaman saya, pelabuhan ini yang paling baik di bagian barat Sumatera. Paling besar dan secara teknis juga memungkinkan kapal-kapal yang besar itu bisa mengangkut barang karena memiliki draft yang dalam yaitu 9 meter," ujarnya pada saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Sibolga pada Sabtu (16/3). 

Selain itu, Menhub Budi juga mengapresiasi desain Pelabuhan Sibolga yang unik karena dapat mengakomodir kegiatan bongkar muat dan pelayanan penumpang secara berdekatan. 

"Pelabuhan ini memang unik karena kegiatan bongkar muat dan penumpang itu sangat berdekatan. Saya pikir ini suatu desain yang baik. Menyelesaikan masalah penumpang, menghindari crossing, tapi tetap bisa mengakomodasi kegiatan bongkar muat," jelas Menhub. 

Kedepannya, Pelabuhan Sibolga tidak hanya akan melayani penumpang serta distribusi logistik saja. Namun juga akan dibangun pelabuhan curah cair guna memudahkan distribusi komoditas yang ada di Sibolga, salah satunya Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit. 

"Pelabuhan ini bisa untuk penumpang, bisa untuk container, dan yang akan datang akan dibangun juga pelabuhan curah cair. Karena dari Sibolga ini ada potensi untuk ekspor beberapa komoditas," terangnya. 

Hari ini, Minggu (17/3), Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan secara langsung Penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga, setelah sebelumnya pada tahun 2016 Presiden RI Joko Widodo melakukan groundbreaking pembangunan pengembangan Pelabuhan Sibolga. (p/ab)