Menhub Bakal Resmikan Kereta Api Perintis di Aceh

By Admin

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi 

nusakini.com - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi direncanakan meresmikan kereta api (KA) perintis di Aceh Utara pada 1 November 2016.

Pernyataan itu disampaikan saat Balai Teknis Perkeretaapian Bagian Sumatera Utara meninjau lintas rel kereta api di Desa Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Selasa (20/9/2016).

Untuk sementara, rute yang dibuka adalah lintas Krueng Mane hingga ke Bungkah Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, sepanjang 11,35 kilometer.

Pada 2014, rute yang sama pernah difungsikan dengan menggunakan enam gerbong kereta api. Belakangan rute itu ditutup karena tidak efektif untuk dijadikan moda transportasi darat.

Kepala Sie Lalu Lintas Sarana dan Keselamatan Perkeretaapian Balai Teknis Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara Iskandar menyebutkan, PT Kereta Api telah merehabilitasi bantalan rel, stasiun kereta dan lain sebagainya. "Sehingga, rute ini bisa dilalui lagi," kata dia.

Saat ini Kementerian Perhubungan RI mengucurkan Rp 17 miliar untuk operasional rute tersebut.

Iskandar menyatakan, dalam jangka panjang, akan dibangun rute kereta api lintas Trans Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh hingga Besitang, Sumatera Utara.

"Jadwal peresmian rute ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah daerah juga. Targetnya, November sudah jalan," ujarnya.(b/mk)