nusakini.com Subang - Sebanyak 12.979 pohon dari berbagai jenis mulai ditanam sepanjang ruas jalan Tol Cipali. Memang jalan tol sepanjang 116,75 km ini masih terasa gersang bila dilalui. Namun upaya untuk melakukan penghijauan terus digalakkan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang menjadi orang terdepan dalam penanaman pohon di tol terpanjang di Indonesia itu, Sabtu (19/3/2016).dengan melakukan penanaman di simpang susun kilometer109 Subang dengan menanam 300 pohon. 

Menurut Menteri Siti, penanaman pohon di kiri-kanan tol yang membentang mulai dari Cikopo, Purwakarta-Subang-Indramayu-Majalengka sampai Palimanan, Cirebon, dapat menjadi ruang terbuka hijau yang berfungsi optimal. 

"Dengan demikian maka dapat memperbaiki dan menjaga iklim mikro, menambah estetika kawasan, meningkatkan resapan air tanah, menciptakan keseimbangan dan keserasian tata ruang kota serta mendukung pelestarian keaneragaman hayati," ucapnya.

Penanaman pohon di ruas tol itu bersamaan dengan peringatan Hari Rimbawan dan Hari Hutan Internasional Tahun 2016. Dan dilakukan atas kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan, Kementerian BUMN, Djarum Foundation, Paguyuban Budi Asih, dan PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola Jalan Tol Cipali.(mk)