Mengenal Makassar Lewat Sepeda

By Admin


nusakini.com - Makassar - Di kota Makassar, komunitas sepeda mulai marak bermunculan. Mulai dari komunitas sepeda tua (ontel)Eastern Bike Community hingga komunitas Bike to Work. Hobi bersepeda yang akrab diistilahkan Gowes ini menjadi kegemaran yang cukup menarik untuk lebih mengenal destinasi kota Makassar dengan mendalam.

Makassar memang tempat yang cukup tepat untuk menyalurkan hobi bersepada sambil melakukan petualangan menyusuri kota menikmati tempat bersejarah atau destinasi lain. Hal ini kerap dilakukan oleh komunitas-komunitas biker, seperti Eastrern Bike Community di hari Sabtu dan Minggu di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

Biasanya, komunitas ini berkumpul dan memulai wisata gowesnya di benteng Fort Rotterdam yang berhadapan langsung dengan Pantai Losari Makassar. Dari benteng ini, mereka kemudian menyusuri Pantai Losari dan singgah sejenak di Anjungan Pantai Losari. Apa lagi sebelumnya mampir dulu di deretan panjang pedagang kelapa muda untuk membeli air kelapa dan memasukkannya ke botol untuk diminum sepanjang perjalanan.

Dari Losari kominitas ini menyusuri areal jalan Metro yang sejuk di mana Central Point of Indonesia bakal terbangun di sana. Perjalanan terus dilanjutkan hingga ke lokasi pantai wisata Akkarena  dan pantai Tanjung Bayam yang cukup terkenal di kota ini.

Dari pantai Akkarena dan Tanjung Bayang, perjalanan dilanjutkan mentusuri perumahan Tanjung Bunga dan memutar ke danau dan sampai ke kawasan benteng Somba Opu. Di kawasan benteng peninggalan kerajaan Gowa terbangun replika rumah-rumah adat yang ada di Sulawesi Selatan.

Mengenal Makassar dan destinasinya lewat kayuhan sepeda menjadi sebuah hobi petualangan yang sangat menarik. Dengan berbekal sepeda, wisata gowes untuk lebih mengenal kota Makassar ini pantas dicoba. (mk)