Menengok Sejarah Uji Kir Kendaraan di DKI Jakarta

By Al


nusakini.com - Jakarta - Bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah sistem pengujian kendaraan bermotor atau uji kir kendaraan di DKI Jakarta, tak ada salahnya jika berkunjung ke Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur. Di sana ada museum mini, yang menyimpan sejumlah mesin uji kir zaman dulu.

Beberapa mesin uji kendaraan yang teronggok di ruangan berukuran sekitar 4 x 6 meter persegi itu, menjadi saksi bisu sejarah perjalanan proses uji kendaraan di Jakarta. Mesin-mesin itu pada zamannya, pernah jadi penentu layak tidaknya kendaraan angkutan barang dan penumpang beroperasi.  

Kasatpel UP PKB Ujung Menteng, Suratman mengatakan, saat ini ada delapan item jenis mesin uji kir yang disimpan di museum mini yang terletak pada bagian barat atau sisi kiri pelayanan masyarakat.

Delapan mesin yang disimpan di museum mini ini adalah jenis Smoke Tester atau alat uji emisi tahun 1990. Kemudian ada CO/HC tester yang digunakan tahun 2000. Brake Tester untuk uji rem tahun 1980, alat ketok plat uji tahun 1983, mesin tik tahun1990, Side Slup Tester tahun 1980 yang digunakan untuk menguji kemiringan roda saat stir dilepas. Selanjutnya ada Headlight Tester buatan 1980 yang digunakan untuk test lampu mobil.

Bukan cuma mesin uji, di sana juga ada Buku Uji kir dan Kartu Induk Kendaraan terbitan pertama, tahun 1980. Di ruangan itu ada pula banner berisi potret Jakarta Tempo Doeloe lengkap dengan moda transportasinya, seperti bajaj, taksi, bus tingkat, bemo, helicak dan bus kota. Selain itu, terpampang pula foto dokumentasi peresmian UP PKB Jagakarsa tahun 1983.

"Museum mini ini untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang sejarah pengujian kendaraan bermotor di DKI Jakarta," ucap Suratman.

Saksi bisu sejarah lainnya yang masih tersimpan di sana adalah timbangan manual tahun 1980. Karena ukurannya besar, maka timbangan yang mampu mengangkat beban seberat 20 ton ini tidak disimpan di museum.

Timbangan yang bentuknya seperi crane dengan panjang 12 meter dan tinggi empat meter ini diletakan di lahan kosong dekat lajur antrian kendaraan yang akan masuk ke area lajur uji mekanis.

Meski alat-alat ini tak lagi terpakai seiring dengan kemajuan zaman, namun keberadaannya sangat penting untuk tetap dipertahankan agar warga mengetahui pentingnya pengujian kendaraan bermotor di Ibu Kota.  

"Ini sekaligus untuk motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkas Suratman.