Mendes Marwan Ajak TKI Ikut Program Transmigrasi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar berhara program transmigrasi juga bisa menjadi daya tarik bagi TKI luar negeri. Pasalnya, suksesnya program transmigrasi di sejumlah wilayah tersebut setidaknya akan merubah cara pandang TKI agar kembali berkarir di negeri sendiri.

"Ini juga upaya kita, agar TKI di luar negeri kembali ke Indonesia. Kita ajak mereka untuk sama-sama membangun kawasan sendiri. Agar mereka (TKI) mau bekerja dan menata hidup di kawasan kita sendiri tidak di luar negeri," kata Politisi PKB itu. 

Dia menambahkan dengan menggeliatnya pusat produksi di kawasan transmigrasi ini bahkan berkontribusi dalam peningkatan ekspor nonmigas terutama di bidang pertanian. 

"Program unggulan transmigrasi ada di perbatasan yang mayoritas berada kawasan hutan. Nah, bagaimana transmigrasi ini dapat membuka kawasan ekonomi baru. Misalnya Gorontalo dengan produk unggulan jagungnya," tambahnya. 

Hingga saat ini, sebanyak 4,9 juta tenaga kerja permanen yang berhasil diserap di kawasan transmigrasi. Tidak hanya itu, proses penyiapan kawasan transmigrasi juga mampu menyerap ribuan tenaga kerja lainnya. 

"Untuk pekerja yang dipekerjakan selama pelaksanaan pekerjaan penyiapan pemukiman transmigrasi, yang telah berhasil diserap berjumlah 4,6 juta tenaga kerja." 

Menurut Marwan dengan data diatas, dirinya yakin transmigrasi jadi daya tarik tenaga kerja Indonesia. (ab)