Mendagri Ingin Setiap Daerah Terapkan Smart City

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (27/4/2016) menyatakan, agar setiap daerah menerapkan konsep ‘smart city’ atau kota cerdas untuk menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dia mengatakan, penerapan konsep ini dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat. Sebagaimana tujuan otda yang tercantum UU Pemda.

Menurut Mendagri, ada enam konsep smart city, antara lain ekonomi, mobilitas, lingkungan, pemerintahan, kehidupan dan manusia.

Selain itu, lanjut Mendagri, pelayanan KTP elektronik (KTP el) juga dinilai sebagai penerapan konsep smart city. Hingga Februari 2016, jumlah penduduk yang sudah perekaman data sebanyak 156.706.981 jiwa, atau 85,8 persen dari 182.588.494 jiwa wajib KTP

Smart City merupakan konsep pembangunan kota dari Jepang dengan memanfaatkan teknologi. Untuk mencapai kota yang smart city itu memang tidaklah mudah. Bahkan Jepang saja membutuhkan waktu 20 tahun untuk dapat mengimplementasikannya. (if/mk)