Mendagri Imbau Pemda Agar Anggaran untuk Rakyat Berjalan Efisien

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri ) Tjahjo Kumolo mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda) untuk selalu berkomitmen serta berpedoman pada skala prioritas terkait dengan penyusunan program yang ada di daerah. 

“Penyusun program harus berpedoman pada skala prioritas,” imbau Tjahjo ketika memberikan arahan pada Konfrensi Nasional Pengelolaan Keuangan dan Pendanaan Pembangunan Daerah dan Desa, di Ballroom Dhanapala kantor Kementerian Keuangan, di Jakarta, Rabu, (7/12). 

Hal ini kata Tjahjo, dalam pembangunan nasional tahun 2017 yakni memperhatikan kemampuan keuangan daerah. 

Dimana kata Tjahjo sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo mengingatkan pemerintah daerah untuk selalu fokus dalam melakukan program. 

Disamping fokus, Mendagri juga menyampaikan dihadapan para kepala daerah yang hadir untuk membuka peluang investasi. 

“Kita ingatkan untuk fokus pada program serta buka peluang investasi untuk bisa masuk ke seluruh anggaran prioritas pada pembangunan yang ada, saya yakin kita semua mempunyai komitmen yang sama,” tegas Tjahjo. 

Mendagri juga mengatakan agar pemda memastikan kembali anggaran yang di dedikasikan untuk rakyat berjalan secara efisien dan penuh integritas. 

Terakhir, Mendagri berpesan dalam upaya percepatan penetapan rancangan APBD tahun anggaran 2017, pemda meminta untuk segera melaksanakan langkah-langkah strategis. 

“Saya minta kepada seluruh para gubernur, bupati, serta walikota untuk melaksanakan langkah-langkah strategis,” kata Tjahjo. (p/ab)