nusakini.com--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Kalimantan Barat (Kalbar), di Kota Pontianak, Selasa (31/07). 

Menag Lukman Hakim tiba di Kantor Kanwil Kemenag Kalbar di bilangan Jalan Sutan Syahrir, Sungai Bangkong sekitar 08.30 WIB dan disambut tarian sekapur sirih dari siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pontianak dilanjutkan pengalungan sonket khas Pontianak kepada Menag. 

Peresmian PTSP Kanwil Kemenag Kalbar oleh Menag pagi itu kian istimewa dengan hadirnya sejumlah para Kepala Kanwil dari berbagai provinsi, di antaranya Kakanwil Kalsel, DKI Jakarta, Sulsel, Jogyakarta, Bali, Papua dan Kakanwil provinsi lainnya. 

Turut hadir Dirjen Bimas Katolik, Dirjen Bimas Kristen, Kabag TU Pimpinan Khoirul Huda dan Rektor IAIN Pontianak. 

Dalam sambutannya, Menag mengatakan PTSP adalah program unggulan yang sejak beberapa waktu lalu telah disepakati dan menjadi salah satu terobasan untuk mendekatakan pelayanan kepada umat. 

"Saya ingin mengingatkan kembali bahwa tugas utama kita sebagai keluarga besar Kementerian Agama adalah melayani umat beragama. Dan salah satu cara kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan mendekatkan pelayanan di tengah-tengah umat," ujar Menag Lukman Hakim dalam arahan dan sambutan saat peresmian PTSP Kanwil Kemenag Kalbar. 

Menurut Menag, PTSP hakikatnya adalah upaya bagaimana agar masyarakat dan seluruh umat beragama memiliki akses kemudahan juga kecepatan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan begitu juga terkait pelayanan perizinan. 

"Pagi ini saya sangat bersyukur bahwa Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalbar telah mampu membentuk dan mendirikan PTSP. Mudah-mudahan ini adalah cara kita untuk mendekatkan pelayanan yang nantinya akan diikuti oleh Kantor Kemenag di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat," kata Menag. 

Usai memberi sambutan dan arahan, Menag Lukman Hakim didampingi Kakanwil Kemenag Kalbar, Ridwansyah meresmikan PTSP yang ditandai dengan penguntingan pita. 

Menag juga menyempatkan meninjau PTSP Kanwil Kemena Kalbar dan menyapa petugas di masing-masing loket pelayanan. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah bersama para Kakanwil Kemanag se Indonesia di aula Kanwil Kemenag Kalbar. 

PTSP Kanwil Kemenag Kalbar melayani sejumlah perizinan, di antaranya: pendirian KBIH, perpanjangan izin pendirian KBIH, izin pendirian PPIU dan perpanjangan izin, pembukaan kantor cabang PPIU serta pengukuran arah kiblat dan permohonan rohaniawan, dan perizinan lainnya.(p/ab)