Menag: Proses Visa Haji Berjalan Baik

By Admin

nusakini.com-- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan kalau pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan dan monitoring pengeluaran visa untuk jamaah haji Indonesia. Sampai dengan saat ini, Menag menilai tahapannya berjalan dengan baik. 

“Yang berwenang mengeluarkan visa untuk jamaah haji adalah pemerintah Saudi. Untuk jamaah haji kita, Alhamdulillah tahap demi tahap berjalan dengan baik. Kita selalu memantau dan memonitor secara ketat,” terang Menag di sela-sela acara Halal Bihalal Keluarga Besar Kemenag Pusat di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag MH Thamrin, Jakarta, Jum’at (15/07). 

“Kita juga terus-menerus melakukan komunikasi, baik dengan Kedutaan Saudi yang ada di Jakarta, maupun dengan perwakilan kita yang berada di Riyadh (Ibu Kota Saudi) maupun Jeddah, agar proses pem-visaan ini bisa berjalan lebih lancer,” tambahnya. 

Dalam dua tahun terakhir, Pemerintah Saudi menerapkan e-Hajj dalam tata kelola penyelenggaraan ibadah haji. Implikasinya, untuk mendapatkan visa, seorang jamaah haji harus mempunyai kelengkapan paket. “Kelengkapan paket jamaah haji, mutlak harus ada. Data-data jamaah, hotel di mana jamaah akan tinggal, baik di Makkah maupun Madinah, transportasi jamaah dan hal-hal terkait jamaah harus ada dan lengkap. Baru visa bisa dikeluarkan,” jelas Menag. Ditanya tentang hasil lobi terkait persiapan di Madinah, Menag menjawab kalau itu sudah diselesaikan. (p/ab)